LKSA Yatim Karangasem Lamongan Juara Pilar-pilar Sosial Tingkat Jatim 2023

Listen to this article

LAMONGAN lintasjatimnews – Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Yatim Karangasem Paciran Lamongan juara 2 Lomba Pilar-pilar Sosial Teladan Tingkat Jawa Timur (Jatim) Tahun 2023. Kepastian tersebut diperoleh dari informasi surat resmi dalam bentuk file PDF yang dikirim lewat WA oleh tim juri.

Prestasi yang diperoleh LKSA Yatim Karangasem melalui proses yang sangat panjang dan melelahkan bagi pengurus. Maju berkompetisi dalam lomba pilar-pilar sosial setelah mendapatkan remomendasi dari Dinas Sosial Kabupaten Lamongan, selanjutnya mengirim portofolio tentang profil LKSA Yatim Karangasem.

Profil portofolio mendapatkan penilaian dari tim juri dan diambil 10 LKSA terbaik se Jatim. Finalis LKSA diwajibkan presentasi di hadapan juri yang bertempat di kantor Dinas Sosial Jatim, dua minggu kemudian LKSA Yatim Karangasem mendapatkan kunjungan tim juri untuk melakukan Asesmen Lapangan (AL).

Asesmen Lapangan (AL) yang dilakukan tim juri bertujuan untuk melihat secara langsung dan mencocokkan yang telah ditulis dalam profil portofolio dan saat presentasi dari pengurus LKSA Yatim Karangasem. Temuan-temuan yang ada di lapangan, baik fisik maupun proses kegiatan akan mendapatkan penilaian positif.

Sebulan lebih pengurus LKSA Yatim Karangasem menunggu pengumuman hasil dari proses penilaian yang telah dilakukan oleh tim juri. Akhirnya mendapatkan pengumuman resmi dari Dinas Sosial Jatim, Jum’at (1/12/2023). Surat nomor: 400.9/3353/107.3.06/2023, tanggal 30 November 2023, perihal: Pengumuman Pemenang Pilar-pilar Sosial Teladan Tingkat Provinsi Jawa Timur Tahun 2023.

Dalam lampiran surat tersebut berisi tentang penilaian terbaik berdasarkan urutan juara. Berikut ini LKSA yang berprestasi Tingkat Jatim tahun 2023:

Juara 1 LKSA Nyai Ahmad Dahlan Ponorogo
Juara 2 LKSA Yatim Muhammadiyah Karangasem Paciran Lamongan
Juara 3 LKSA Assifa Ngawi
Juara Harapan 1 LKSA Roudhotul Aitan Kabupaten Blitar
Juara Harapan 2 LKSA Yatim Piatu Terlantar NU Kota Probolinggo
Juara Harapan 3 LKSA Al-Mustaqin kabupaten Malang

Ketua LKSA Yatim Muhammadiyah Karangasem Paciran Lamongan, Drs. H. Ahmad Amin, M.Pd., menjelaskan, “Perjuangan berat dan perjalanan panjang yang melelahkan, akhirnya membuahkan hasil yang baik. Dalam penantian yang Panjang, kami senantiasa berdoa semoga mendapatkan hasil yang terbaik,” jelasnya.

“Alhamdulillah, LKSA Yatim Karangasem memperoleh juara 2 dari 6 LKSA berprestasi yang ditetapkan oleh Dinas Sosial. Terima kasih seluruh pengurus yang telah berpartisipasi aktif dalam seluruh rangkaian kegiatan dari mulai persiapan sampai dengan penilan atau Asesmen Lapangan,” pungkas pria yang pernah menjabat sebagai Ketua STAIM Karangasem.

Selanjutnya pemenang yang ditetapkan akan memperoleh piagam penghargaan dari Gubernur Jawa Timur dan dana pembinaan dari Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur. Selamat dan sukses LKSA Yatim Karangasem Paciran Lamongan yang mendapatkan juara 2 Tingkat Jatim Tahun 2023.

Reporter: Efendy