Anggota Kodim Gresik Sambut Kunjungan Rombongan SD Irada, Berikan Materi Wasbang dan Bentuk Pelajar Pancasila

Listen to this article

GRESIK lintasjatimnews.com – Kodim 0817/Gresik menerima kunjungan dari rombongan SD Islam Al-Raudlatul Amien (Irada) full day education Gresik. Kunjungan tersebut dalam rangka menimba ilmu wawasan kebangsaan untuk membentuk profil pelajar Pancasila. Bertempat di Halaman Makodim 0817/Gresik. Rabu (29/11/2023).

Sejumlah 132 anak dan 15 orang guru SD Islam Al-Raudlatul Amien memasuki Halaman Makodim 0817/Gresik, kemudian disambut oleh para anggota Kodim yang telah ditunjuk sebagai Pendamping dan Pembimbing materi wasbang.

Serma Agus (tertua pendamping kunjungan) mengatakan, anak-anak seusia SD mulai kita kenalkan terhadap wawasan kebangsaan untuk menumbuhkan jiwa nasionalisme dan patriotisme mereka pada bangsa dan negara. Hal ini dengan cara mengulas materi Pancasila sebagai Ideologi Bangsa Indonesia dan mengenalkan profesi TNI AD untuk membuka pola pikir mereka terhadap pengabdian kepada bangsa dan negara.

“Kita kuatkan pemahaman mereka terhadap Pancasila, menumbuhkembangkan metode pengaplikasian semangat dan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila,” ungkapnya.

Dalam memberikan materi wasbang, Serma Agus beserta para pendamping lainnya juga mengenalkan gambaran tugas pokok TNI AD disertai sedikit penjelasan terhadap seragam kedinasan dan alat peralatan yang mendukung tugas.

Menurutnya, kegiatan ini sangat bagus untuk menunjang wawasan dan pengetahuan kebangsaan, membentuk karakter disiplin dan menguatkan rasa cinta tanah air juga menanamkan kebanggaan sebagai generasi muda penerus. Yang pada akhirnya menjadikan anak-anak SD Irada menjadi pelajar yang dapat mencerminkan kepribadian pancasila.

Sementara itu, Serma Agus mengatakan bahwa yang dimaksudkan dengan pelajar Pancasila sendiri ialah para pelajar yang memiliki semangat tinggi dalam mencari ilmu, taat dan disiplin pada aturan yang berlaku, hormat pada guru dan selalu berpedoman dalam nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Pancasila.

“Semangat dalam belajar di sekolah, rajin belajar di rumah, patuh pada orangtua dan bapak ibu guru, serta saling menghargai juga tolong menolong antar sesama teman,” pungkas  Serma Agus dalam akhir materinya.

Alhasil, kunjungan dari rombongan SD Islam Al-Raudlatul Amien (Irada) full day education ke Kodim 0817/Gresik berlangsung dengan tertib dan aman.

Reporter Budihariyanto