Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan Sidak pasar Baru Gresik, Beberapa Harga Bahan Pokok Langsung Turun

Listen to this article

GRESIK lintasjatimnews.com – Menteri perdagangan RI Zulkifli Hasan hari ini Mengunjungi Pasar Gresik, mengecek ketersediaan dan harga sembako. Hasilnya, semuanya stabil.

Kedatangan Zulkifi bersama rombongan untuk memantau stok dan harga bahan pokok. Hasilnya pun bagus dan terpantau stabil.

Orang nomor satu di Kementerian Perdagangan ini tiba di lokasi Pukul 07.30 WIB. Dia pun menyapa sejumlah pedagang dan menanyakan harga beberapa komoditas pangan.

Berdasarkan hasil pantauannya, Zulkifli memastikan bahwa ketersediaan dan harga bahan pokok relatif stabil.Dia menyatakan, harga sejumlah komoditas pangan dipastikan turun, seperti harga cabai rawit, cabai merah, bawang merah, bawang putih, dan lainnya.

“Harga cabe rawit kemarin 90 ribu sekarang 70 ribu, bawang merah 23-25 ribu, bawang putih 33 ribu. Jadi turun semua harga-harga itu,” ucapnya, Selasa (28/11/2023).

harga beras juga cenderung stabil. Begitupula dengan telur yang menyentuh harga sekitar 26 ribu, dan daging ayam 33 hingga 35 ribu.

(foto istimewa BudiLJN) mendag zulhas sidak pasar baru gresik

“Penuruhan harga komoditas pangan ini diharapkan terus terjadi hingga memasuki puncak Nataru,” ujar Ketum PAN ini.

“Kalau harga daging ayam nanti siang sudah turun bisa sampai 30 ribu, karena daging ayam kan harus dijual segar,” imbuhnya.

Zulkifli menuturkan, kolaborasi pemerintah daerah hingga pemerintah pusat menjadi kunci dalam menjaga stabilitas harga bahan pokok di pasaran.

“Sehingga tidak ada gejolak kenaikan harga bahan pokok saat puncak Nataru, kami di kementerian tiap Senin juga melakukan rapat, jadi butuh kerjasama,” ujarnya.

Selain itu, penurunan harga bahan pokok juga disebabkan salah satunya faktor ketersediaan stok yang melimpah di pasaran.

“Sehingga harga komoditas pangan cenderung normal dan bahkan turun. Kalau stoknya melimpah di pasaran, secara otomatis harganya juga normal,” pungkas Mendag Zulhas.

Reporter Budihariyanto