Empat Kategori Penghargaan Diraih Kabupaten Lamongan dalam Apresiasi Implementasi Merdeka Belajar dari BBPMP Jawa Timur

Listen to this article

LAMONGAN lintasjatimnews com – Insan pendidikan kabupaten Lamongan patut bersyukur, kerja keras dan komitmen yang tunggi, berbuah hasil dengan diraihnya empat kategori penghargaan dalam apresiasi Implementasi Merdeka Belajar dari Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan (BBPMP) Provinsi Jawa Timur, Sabtu (25/11/2023).

Empat Kategori penghargaan tersebut diserahterimakan dalam puncak acara “Apresiasi Implementasi Merdeka Belajar” yang diselenggarakan Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan (BBPMP) Provinsi Jawa Timur pada hari Sabtu, 25 November 2023. BBPMP Jawa Timur memberikan total 44 kategori penghargaan kepada Kabupaten/Kota yang telah menunjukkan dedikasi dan kerja keras selama satu tahun terakhir, yakni pada tahun 2023 dalam implementasi program Merdeka Belajar.

Kabupaten Lamongan meraih penghargaan dalam 4 kategori berbeda yang meliputi:

  1. Komitmen Tinggi dalam Pelaksanaan Implementasi Kurikulum Merdeka
  2. Komitmen Tinggi dalam Pembentukan Komunitas Belajar dalam Platform Merdeka Mengajar
  3. Komitmen Tinggi dalam Pembentukan Komunitas Belajar Intra Sekolah
  4. Komitmen Tinggi dengan Program PAUD

Prestasi yang diraih Kabupaten Lamongan menempatkannya sebagai salah satu daerah yang berhasil meraih jumlah penghargaan tertinggi, dengan total 4 kategori prestasi. Ini menunjukkan komitmen yang luar biasa dari pihak terkait dalam mendorong dan mewujudkan tujuan program Merdeka Belajar.

Empat Kategori Penghargaan tersebut diterima Dr. Chusnu Yuli Setyo, M.Pd. Plt. Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Lamongan mewakili Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Lamongan.
Terkait penghargaan tersebut, via sambungan WhatsApp, awak Lintasjatimnews.com menghubungi Nur Kholis Huda, Kasi SD, Dinas Pendidikan Kabupaten Lamongan yang ikut serta mendampingi Chusnu. Kholis mengungkapkan bahwa penghargaan itu didasarkan atas penilaian melalui dasboard pendidikan. Lamongan menerima penghargaan terbanyak setelah Kabupaten Madiun yang menerima lima jenis penghargaan.

Sementara itu, Chusnu mengungkapkan bahwa penghargaan itu hadiah terindah untuk Bapak/Ibu Kepsek, guru, penilik, pengawas, PMO, fasilitator, kasi, Kabid, dan Pak Kadin di hari Guru Nasional 2023.
Kita tidak pernah berangan-angan kinerja kita agar mendapatkan penghargaan. Tetapi, bapak/ibu semua memang megilan, sehingga mendapatkan 4 penghargaan, ungkap Chusnu.

Chusnu juga menyampaikan pesan Kepala BBPMP Provinsi Jawa Timur. Kepala BBPMP Jawa Timur menyampaikan harapannya bahwa penghargaan ini bukan hanya sebagai bentuk apresiasi, tetapi juga sebagai pemicu semangat bagi Kabupaten Lamongan dan seluruh daerah lainnya untuk terus mendukung dan meningkatkan implementasi program Merdeka Belajar di tahun 2024 agar dapat lebih baik dan sempurna.

Penghargaan ini bukan hanya sebagai prestasi semata, namun juga sebagai motivasi untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan demi masa depan yang lebih baik bagi generasi mendatang. Semoga prestasi Kabupaten Lamongan menjadi inspirasi bagi daerah lainnya dalam menjalankan program Merdeka Belajar demi peningkatan mutu pendidikan di Provinsi Jawa Timur.

Puncak acara apresiasi yang menjadi momen penting untuk mengakui peran serta serta pencapaian yang luar biasa dari setiap daerah dalam mengimplementasikan merdeka belajar dihadiri oleh sejumlah tokoh pendidikan, antara lain Kepala BBPMP Jawa Timur, Kepala Balai Besar Guru Peggerak (BBGP) Jawa Timur, Kepala Balai Bahasa Jawa Timur, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, Kepala BPSDM Provinsi Jawa Timur, serta perwakilan dari setiap Kabupaten dan Kota,

Reporter: M.Said