PCM Paciran Adakan Raker, Inilah Pesan Wakil Ketua PDM Lamongan

Listen to this article

LAMONGAN lintasjatimnews.com – Rapat Kerja (Raker) Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Daerah Lamongan periode 2022-2027 resmi dibuka Wakil Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Lamongan. Acara digelar hari Senin (20/11/2023) bertempat di Aula KH. M. Yasin Syasuri PAYM Karangasem Paciran, Lamongan.

Rakerpim dihadiri Drs. M. Anwar, M.Pd., (Wakil Ketua PDM Lamongan), 11 PCM Paciran, ketua dan sekretaris Organisasi Otonom (Ortom) setingkat cabang Paciran (Aisyiyah, Nasyiatul Aisyiyah, Pemuda Muhammadiyah, IPM, dan HW), serta 111 peserta yang berasal dari ketua, sekretaris, dan anggota majelis PCM Paciran.

Tepat pukul 09.00 WIB kegiatan dibuka Hendrik, SE. MM. (Wakil Ketua PCM) selaku Pembawa Acara dengan susunan acara; (1) Pembukaan, (2) Pembacaan Ayat-ayat Alquran oleh Fitri Analia, SPd, (3) Sambutan Ketua PCM Paciran (Abdullah Taufiq, MPd), (4) Sambutan Wakl Ketua PDM Lamongan dan sekaligus membuka resmi kegiatan Raker PCM Paciran Periode 2022-2027.

Dalam sambutannnya, Abdullah Taufiq, MPd, menjelaskan, “Rakerpim Cabang Muhammadiyah Paciran merupakan kegiatan menyusun program kerja oleh majelis-majelis. Program kerja yang tersusun akan ditanfidzkan (dibukukan) sebagai sebagai pijakan kegiatan selama satu periode,” jelas pria alumni SMPM Jipat Karangasem Paciran 1996.

“Semoga Rakerpim berjalan dengan lancar, masing-masing majelis memaparkan program kerja yang dibacakan oleh ketua majelis dan dilengkapi sekretaris atau angggota majelis. Program kerja dapat disinergikan dengan majelis lainnya. Saya berharap semoga program kerja bisa dilaksanakan dengan baik. Terima kasih kepada semuanya yang telah berpartisipasi dalam kegiatan sehingga Rakerpim berjalan dengan baik dan lancar,” pungkasnya.

Sedangkan Wakil Ketua PDM Paciran dalam sambutannya menyampaikan, ”Rapat kerja yang dilaksanakan PCM sekarang merupakan kegiatan luar biasa, karena dikerjakan oleh pemimpin. Tradisi kepimpinan dalam Muhammadiyah adalah tugas yang sangat berat sehingga rata-rata tidak mau ditunjuk untuk menjadi ketua. Saya menemui fenomena tersebut dalam setiap turba ke cabang dan ranting,” jelas Dosen STAIM Karangasem Paciran.

“PCM Paciran Periode sekarang banyak diisi tenaga muda atau darah-darah segar yang luar biasa. Saya berharap program kerja potensial yang belum terlaksana di periode sebelumnya, semoga akan terlaksana di periode sekarang. Seperti program pengembangan ranting di ranting yang padat warga Muhammadiyah, toko obat-obatan (apotik),”

Selanjutnya, Drs. M. Anwar, MPd, mengingatka bahwa, “Orang yang diberi amanat tapi tidak mampu melaksanakan dengan baik, maka tergolong orang-orang yang dzalim. Sebagaimana dalam Alquran Surat Al-Ahzab ayat 72 yang artinya; …. Lalu, dipikullah amanat itu oleh manusia. Sesunggunya ia (manusia) sangat zalim lagi sangat bodoh.” ungkap ketua PCM Paciran dua periode.

Dalam Rakerpim Cabang Muhammadiyah Paciran Perode 2022-2027 terdapat 10 Majelis yang memaparkan program kerjanya;

  1. Majelis Hukum dan HAM
  2. Majelis Tarjih dan Tajdid
  3. Majelis Pendidikan Kader – Seni Budaya, dan Olahraga
  4. Majelis Pemberdayaan Masyarakat dan Lingkungan Hidup
  5. Majelis Tabligh dan Dakwah Komunitas
  6. Majelis Dikdasmen dan PNF
  7. Majelis Ekonomi, Bisnis dan Pariwisata
  8. Majelis Pembina Kesehatan Umat
  9. Majelis Pendayagunaan Wakaf
  10. Majelis Pembinaan Kesejahteraan Sosial dan ZIS

Rangkaian acara telah dilalui semua dan ditutup pukul 15.00 WIB oleh Drs. H. Ahmad Amin, MPd (Wakil Ketua). Selamat dan sukses atas Rapat Kerja Pimpinan Cabang Muhammadiyah Paciran, Daerah Lamongan Periode 2022-2027. Semoga program kerja yang tersusun dapat diwujudkan dalam kegiatan kongkrit dan membawa manfaat bagi umat. Amin.

Reporter: Efendy