Pesan Kiai Dawam: Pemimpin Itu Harus Amanah, Jangan Khiyanah

Listen to this article

LAMONGAN lintasjatimnews.com – Drs KH Muhammad Dawam Sholeh, pengasuh Pondok Pesantren Al Ishlah Sendangagung Paciran Lamongan Jawa Timur menegaskan pesannya kepada para pengurus Organisasi Pelajar Pondok Pesantren Al Ishlah (OPPI) saat pelantikan di Masjid Al Ishlah, Jumat, 17/11/2023.

Kegiatan yang dihadiri 2200 santri dan para guru terbagi dua sesi, pagi 07.30-10.00 untuk OPPI putra dan siang 13.00-15.00 untuk OPPI putri. Acara berjalan penuh hidmat dan sakral karena selain pelantikan pengurus OPPI juga acara terpenting pesan amanat pengasuh.

Dalam kegiatan yang menggunakan bahasa Arab dan Inggris Kiai Dawam dengan lantang menekankan pentingnya pemimpin yang mampu mengemban amanah.

“Pemimpin itu harus amanah jangan Khiyanah, termasuk memimpin OPPI, 24 jam mengurusi santri, mereka yang mondok di pondok ini butuh pemimpin yang amanah”, tegas pendiri Ponpes Al Ishlah ini.

“Meskipun ini hanya berlatih memimpin, tetapi yang dipimpin ini orang beneran, maka jangan main-main, kalau salah urus santri bisa jadi korban”, tambah kiai yang juga anggota Badan Wakaf Gontor ini.

Selain itu, kiai yang gemar menulis puisi juga berpesan kepada pengurus lama, yaitu kelas 12 MA Al Ishlah agar fokus belajar dan jangan mudah melanggar meskipun yang menjadi pengurus saat ini kelas 11 atau adik kelas.

Terlantik pengurus OPPI Putra 2023-2024,
Muhammad Shadruddin Ardakani Al-Karim, asal Cumpleng Brondong Lamongan, Wakil Ketua Asa Andriatama, asal Blimbing Paciran Lamongan.

Adapun OPPI Putri 2023-2024, Ketua Salma Desrina Faizza Anwar, asal Pucuk Lamongan, Wakil Ketua
Aghnia Rizky Qolbiyah, asal Panceng Gresik.

Reporter Gondo Waloyo.