Wisuda Sarjana XI Insud, Ini Pesan Bupati dan Diktis Kemenag RI

Listen to this article

LAMONGAN lintasjatimnews.com – Wisuda Sarjana XI Program Sarjana Strata I Institut Pesantren Sunan Drajat (Insud) Lamongan di Paciran menjadi momen penting bagi ratusan wisudawan/wisudawati. Hadir memberikan pesan Bupati Lamongan dan Direktur Direktorat Pendidikan Tinggi Islam (Diktis) Kemenag RI, Ahad (12/11/2023)

Bupati Lamongan Yuhronur Efendi hadir memberikan semangat dan mendorong lahirnya generasi penerus bangsa yang berakhlak mulai. Dengan landasan spiritual untuk membentengi diri dari arus negatif perubahan zaman.

Lanjut Bupati Yuhronur saat ini terjadi pergeseran zaman dari revolusi industri 4.0 menuju new sosiety 5.0. Dimana teknologi menjadi bagian dari manusia itu sendiri atau dunia dalam genggaman.

“Dengan kecanggihan digital tersebut dikhawatirkan dapat merebut posisi manusia sebagai produsen budaya hingga mengikis karakter sosial khususnya pada generasi penerus bangsa,” ujarnya

Ditambahkan Bupati Yuhronur kekuatan iman, taqwa dan akhlak yang baik menjadi landasan spiritual dalam menangkal dan membentengi generasi penerus bangsa dari pengaruh negatif perubahan zaman ditengah kondisi distrupsi.

“Dengan landasan spiritual tersebut diharapkan dapat membentengi generasi kita dari efek negatif perubahan zaman,” tegas doktor alumni Universitas Brawijaya Malang.

Bupati Yuhronur juga menyampaikan lima hal penting yang harus dikuasai generasi muda Lamongan dalam mempersiapkan mindset atau pola pikir yang agile. Yakni kemampuan untuk berpikir dengan cara yang cepat dan cerdas. Kelima hal itu adalah
Pertama, people agility mampu kerjasama dengan siapapun
Kedua, change agility mampu beradaptasi dengan perubahan apapun
Ketiga, learning agility mampu memahami dan mempelajari hal baru dengan cepat
Keempat, mental agility mampu bertahan dalam kondisi apapun Kelima, result agility mampu tetap berprestasi dalam kondisi apapun

Sementara itu Prof Ahmad Zainul Hamdi Direktur Pendidikan Tinggi Kementerian Agama RI menyampaikan ungkapan terima kasih kepada lembaga pendidikan Institut Sunan Drajat atas kolaborasi pentahelix dalam menghadirkan pelayanan peningkatan sumber daya manusia yang unggul.

Lanjutnya, atas kolaborasi pentahelix ini, alhamdulillah indeks IPM Lamongan tahun 2022 mencapai 74,02. Ini menempatkan Lamongan di atas rata-rata provinsi dan nasional.

“Begitu juga Indeks Pendidikan, capaian tahun 2022 yakni 0,680. Ini merupakan modal sosial yang harus kita jaga bersama,” puji Prof Ahmad Zainul Hamdi

Rektor Insud Lamongan H Ahmad Iwan Zunaih mengucapkan terima kasihnya atas kehadiran Bupati Lamongan Yuhronur Efendi dan Prof Ahmad Zainul Hamdi Direktur Pendidikan Tinggi Kementerian Agama RI ditengah-tengah prosesi wisuda ke XI ini

“Kehadiran Bapak Bupati dan Bapak Direktur Pendidikan Tinggi Kementerian Agama RI disini akan menjadi motivasi bagi wisudawan/wisudawati. Kesuksesan wisudawan/wisudawati tidak hanya sukses dunia tetapi dengan kekuatan iman, takwa dan akhlakul karimahnya akan menjadi pemimpin penerus negeri ini,” pungkasnya.

Reporter Fathurrahim Syuhadi