Kodim 0801/Pacitan Gelar Kegiatan Penyusunan Data Ketahanan Wilayah Geo, Demo Dan Konsos TW III TA 2023

Listen to this article

PACITAN lintasjatimnews.com – Untuk mendukung terwujudnya wilayah pertahanan negara yang tangguh, Kodim 0801/Pacitan menyelenggarakan kegiatan penyusunan data wilayah meliputi Geografi, Demografi dan Kondisi Sosial yang valid dan akurat, Kamis (09/11/2023).

Penyusunan data ketahanan wlayah ini sangat penting dilakukan, sebagai bahan masukan serta pertimbangan bagi satuan untuk menentukan langkah-langkah kebijakan kedepan terkait pembinaan teritorial di wilayah Kodim 0801/Pacitan.

Oleh karena itu, diharapkan data-data yang dihimpun nantinya merupakan data yang valid dan update sesuai perkembangan situasi dan kondisi terbaru, sehingga dapat dipertanggung jawabkan keakuratannya.

Sementara itu, Pasi Ter Kodim 0801/Pacitan menjelaskan bahwa TNI sebagai aparatur negara juga memiliki tugas Operasi Militer Selain Perang (OMSP) yang salah satunya memberdayakan wilayah pertahanan dan kekuatan pendukungnya, untuk mewujudkan kepentingan pertahanan negara matra darat.

“Selain menjaga keutuhan wilayah NKRI, kita juga mempunyai tugas untuk mempersiapkan sumber daya Nasional sebagai komponen cadangan dan pendukung”, ujarnya saat memberikan pengarahan di Aula Kopral Sigit Jl. Letjen Suprapto No. 42 Pacitan.

Oleh karenanya, demi mewujudkan ketahanan wilayah yang tangguh dibutuhkan sinergitas dan kerjasama yang baik dengan semua pihak hingga tingkat paling bawah, yakni antara Babinsa, Bhabinkamtibmas, pemerintah tingkat Desa dan semua harus sejalan.

“Sebagai ujung tombak aparat kewilayahan, Babinsa harus betul-betul mengetahui dan memahami terkait kondisi geografi, demografi, kondisi sosial di wilayah. Sehingga, melalui peran Babinsa inilah diharapkan penyusunan data ketahanan wilayah ini dapat terlaksana dan terealisasi dengan baik”, ungkapnya.

Reporter: priyo