Masyarakat Lamongan Bersyukur, Hujan Mulai Turun di Lamongan

Listen to this article

LAMONGAN lintasjatnews.com – Group-grouo WA dibanjiri ucapan Alhamdulillah, pasalanya, Sabtu (04/11/2023) sejak siang hingga malam di beberapa titik di kabupaten Lamongan mulai disiram air hujan. Bahkan malam harinya hujan deras hampir merata di Lamongan

Sebagaimana dirasakan, sejak pertengahan September sebagian wilayah Indonesia, termasuk Lamongan dilanda oleh cuaca panas yang menyengat. Suhu ‘gerah’ ini mencapai 35-38 derajat celsius.

Sepekan terakhir beberapa sekolah di lingkungan ponpes telah melaksanakan salat istisqo’, salat minta hujan. Bahkan Dinas Pendidikan Kabupaten Lamongan menginstruksikan kepada seluruh SMP Negeri di Kabupaten Lamongan untuk mangamalkan salat istisqo’ dan doa bersama pada hari Jumat.

Saat memberikan sambutan pengarahan di forum Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP Negeri Sekabupaten Lamongan di SMP Negeri 1 Kedungpring, Ir. Munif Syarif, M.M, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Lamongan mengungkapkan bahwa menyadari kondisi saat ini, cuaca panas masih belum mereda, konflik Palestina-Israil semakin memanas dan meluas tentu membutuhkan dukungan spiritual. Oleh karena pihaknya telah mengeluarkan surat edaran untuk melaksanakan gerakan mengamalkan salat istisqo’ minta hujan, istighosah untuk keselamatan muslim Palestina, serta khotmil Quran.

Jumat pagi, di Masjid An-Nur di Lingkungan Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Lamongan diselenggarakan Sholat Ghoib untuk saudara muslim Palestina, salat istisqa’ minta hujan, khotmil Quran dan istighosah yang disiarkan secara live melalui kanal YouTube. Kegiatan tersebut juga diikuti seluruh SMP Negeri di Kabupaten Lamongan dengan melaksanakan kegiatan yang sama.

Salah satu Imam salat istisqa’, di SMP Negeri 1 Ngimbang, Ustadz Samuri saat dihubungi awak lintasjatimnews.com melalui sambungan WhatsApp, mengungkapkan bahwa salat istisqo’ sebagai ikhtiar memohon kepada Allah, Sang Penguasa Alam Semesta agar segera menurunkan hujan. Hal tersebut kami lakukan karena kekeringan dan kekurangan air nampaknya semakin meluas di daerah Lamongan, jelasnya.

Lebih lanjut Ustadz Samuri mengungkapkan rasa syukur, saya dan insyaallah seluruh masyarakat Lamongan mengucapkan alhamdulillah dengan kehendak Allah beberapa wilayah Lamongan sehabis jum’atan di beberapa titik di kabupaten Lamongan diguyur hujan dan hari Sabtu hujan semakin merata di wilayah Lamongan. Alhamdulillah, Allah langsung menjawab doa-doa kami.

Reporter: M. Said