Dalam Rangka Hari Wayang Nasional Ke-5, Danramil 0801/06 Bandar Hadiri Pagelaran Wayang Kulit

Listen to this article

PACITAN lintasjatimnews.com – Dalam rangka memperingati Hari Wayang Nasional ke-5, Kapten Arm Abdul Radjak mewakili Dandim 0801/Pacitan menghadiri pagelaran wayang kulit yang diadakan Persatuan Pedalangan Indonesia (Pepadi) Kab. Pacitan, yang berlangsung di halaman kantor perpustakaan Kab. Pacitan, Sabtu (04/11/2023) Malam.

Pagelaran wayang kulit semalam suntuk kali ini menghadirkan dua dalang sekaligus diantaranya Ki Gandhang Gondo Waskito dan Ki Luhung Arinata yang akan membawakan lakon Sumantri Ngenger dan Brubuk Ngalengko.

Dalam sambutannya Ketua Pepadi Kab. Pacitan Drs Anang Sigit menyampaikan, bahwa seni wayang kulit tidak hanya sekedar hiburan semata, melainkan juga menjadikan cerminan kebijaksanaan dan nilai-nilai luhur yang tercermin dalam kisah-kisahnya.

“hari ini kita merayakan warisan budaya yang kaya dan berharga. Sebuah seni yang telah menjadi ciri khas bangsa Indonesia yaitu seni wayang kulit, dimana telah mengalami evolusi seiring berjalannya waktu dan menjadi bagian integral identitas budaya kita”, ujarnya sesaat sebelum dimulainya pagelaran wayang kulit.

Kemudian ia jelaskan, kegiatan Hari Wayang Nasional ini merupakan upaya bersama untuk melestarikan dan memperkenalkan seni wayang kulit kepada generasi muda, serta memastikan bahwa warisan budaya kita tetap hidup dan dipersembahkan kepada dunia

“Melalui kegiatan ini kita dapat memperluas apresiasi masyarakat terhadap seni tradisional Indonesia serta memastikan bahwa nilai-nilai luhur yang terkandung didalamnya tetap diteruskan dan diapresiasi oleh generasi mendatang”, tandasnya.

Selain itu, dirinya juga mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung dalam melestarikan dan pengembangan seni wayang di Kab. Pacitan.

“Tanpa adanya kerjasama dan dukungan dari kita semua upaya pelestarian seni dan budaya ini tidak akan terwujud. Mari kita manfaatkan momentum Hari Wayang Nasional ini untuk mempererat tali persaudaraan, memperdalam cinta kita terhadap budaya lokal dan menginspirasi semangat kebersamaan dalam melestarikan kekayaan budaya Indonesia”, ungkapnya.

Sementara itu, Kapten Arm Abdul Radjak mengapresiasi penyelenggaraan pagelaran wayang kulit dan berharap acara ini dapat berjalan lancar, sukses dan memberikan dampak positif bagi masyarakat khususnya generasi muda untuk semakin mencintai dan melestarikan seni wayang.

“Peringatan Hari Wayang Nasional kali ini diharapkan dapat meningkatkan apresiasi masyarakat dalam melestarikan, mengembangkan dan mengkaji wayang dalam rangka mewujudkan kebudayaan nasional yang dinamis dan modern”, tambahnya.

Reporter: priyo