Gelora Jatim Menghadiri Deklarasi Damai Pemilu 2024 di Kodam V Brawijaya

Listen to this article

SURABAYA lintasjatimnews.com Forkopimda Jatim mengadakan Deklarasi Damai Tahun 2024 dengan di hadiri oleh Pimpinan Pangdam V Brawijaya, KPUD Jatim, Panwaslu Jatim, LSM, Mahasiswa, Tokoh-Tokoh masyarakat dan Partai Politik peserta pemilu 2024, pada hari Selasa 31/10/2023 di Gedung Balai Prajurit Kodam V Brawijaya Surabaya.

Salah satunya adalah Partai Baru yaitu Gelora DPW Jatim yang di wakili oleh H. Doddy Eka Putra, ST, MM, selaku kabangda Jatim 1 Surabaya Sidoarjo. Kehadiran sebagai bentuk dukungan atas acara yang digelar dan mendukung pelaksanaan Pemilu Tahun 2024 damai aman dan kondusif sesuai dengan sudah diharapkan bersama.

Deklarasi pemilu damai tahun 2024 di Kodam V Brawijaya ini dengan tujuan melaksanakan Pemilu tahun 2024 yang damai dan kondusif untuk mewujudkan demokrasi yang bermartabat, serta akan mematuhi dan mentaati segala bentuk dan ketentuan yang berlaku serta menyelesaikan permasalah pemilu tahun 2024 sesuai dengan koridor hukum.

Arahan dan sambutan dari Ketua KPU Jatim, Cak Choirul Anam, sesuai dengan tagline KPU untuk Pemilu Tahun 2024 yaitu sebagai sarana untuk sinergyBangsa. Karakter Masyarakat Jatim yang Egaliter, Sportif, merupakan sarana integrasi bangsa sehingga perlu di gaungkan agar sampai keseluruh masyarakat Jatim untuk menjaga masyarakat Jatim aman, damai dan kondusif.

Ketua Bawaslu Jatim A. Warits menyampaikan, Momen Sumpah Pemuda para pemuda sudah sudah rela menanggalkan identitas kesukuan, kelompok untuk bersatu padu menjadikan Indonesia bersatu. Netralitas TNI, Polri, ASN jalankan tupoksi sesuai dengan fungsinya masing-masing, Politisi isu sara Deklarasi Damai ini akan menginspirasi untuk pelaksanaan Pemilu 2024.

Ketua MUI Jatim Dr KH Abdullah Syamsul Arifin, M.HI, menyampaikan bahwa MUI Jatim sebagai mitra pemerintah dan pengayom umat. Sedangkan LSM juga akan mendukung Pemilu Damai, demikian juga perwakilan dari Partai Politik yaitu Partai Gerindra, Mahasiswa 56% pemilih gen Z dan millenial, sehingga harus memperhatikan suara pemuda dan pemilih pemula, katanya.

Sekda Provinsi Jatim menginginkan pemilu tanpa konflik, hindari konflik antar pendukung, saling merusak APK dan kecurangan hasil suara. Pemerintahan berjalan dengan lancar melakukan sosialisasi dan regulasi serta penganggaran. Oleh karena itu anggaran yang sangat besar diharapkan pemilu damai dan berjalan dengan baik demi kemajuan bangsa. ASN harus netral dan tempat-tempat yang seharusnya memang harus netral.

KH. Jazuli Nur, Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Jatim sangat mengapresiasi acara Deklarasi Pemilu Damai ini, “pesta tidak elok kalau tidak damai, aman dan berakhir dengan perceraian”, tanggal 14 Oktober FGD terjun ke kabupaten kota dalam rangka serap informasi tentang pemilu damai, hasilnya semua mendambakan pemilu damai. Masing-masing pihak menghormati perbedaan dan peraturan perundang undangan yang berlaku. Sesuai dengan peraturan KPU 15 fasilitas pemerintah, pendidikan dan tempat ibadah dilarang untuk kampanye, dan menindak tegas bagi yang melanggar sehingga tercipta pemilu damai tahun 2024.

Pangdam V Brawijaya, Mayjen TNI Farid Makruf, MA, selaku PJ Keamanan bersama Kapolda Jatim tentunya sangat menginginkan pelaksanaan pemilu damai 2024 sesuai dengan tagline, dan perwakilan mahasiswa dari ketua BEM Unair mengapresiasi Pangdam V Brawijaya, sebab biasanya dalam pemilu terjadi konflik tentang berita hoax dari para buzer potensi memecah belah, praktik politik uang dari para peserta pemilu di tataran masyarakat, Jatim sebagai Penentu Kemenangan dari Pemilu.

Saya sangat mengapresiasi kegiatan yg diinisiasi oleh Bapak Pangdam V Brawijaya ini, yaitu sebuah acara yang mengajak semua elemen masyarakat mulai tingkat elit, Tokoh Masy, Tokoh agama, Peserta Parpol, LSM bahkan Mahasiswa dengan harapan tercipta satu tujuqn dan pemikiran yaitu Terlaksananya Pemilu Damai di tahun 2024, kata Doddy Eka Putra dari Partai Gelora.

Deklarasi Pemilu Damai 2024 ini kemudian dilanjutkan dengan acara penandatanganan Deklarasi Pemilu Damai, oleh semua Partai Politik Peserta Pemilu 2024, Tokoh Masyarakat dan pihak-pihak terkait yang hadir dalam acara tersebut. Sebagai penghujung acara sesi foto bersama serta beriring doa, dan akhirnya ditutup dengan acara ramah tamah.

Reporter : Heni