Wabup Bu Min Lantik dan Kukuhkan 87 Pramuka Garuda Golongan Penggalang UPT SMP Negeri 3 Gresik

Listen to this article

GRESIK lintasjatimnews.com – Sebanyak 87 siswa UPT SMP Negeri 3 Gresik, resmi dilantik menjadi Pramuka Garuda Golongan Penggalang. Prosesi pengukuhan dan pelantikan dilakukan oleh Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah, yang sekaligus Ketua Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Gresik, Jumat (27/10/2023).

Para siswa yang dilantik terlihat sangat bersemangat saat mengikuti pelantikan. Meskipun dibawah terik matahari, mereka tetap berdiri kokoh selama prosesi berlangsung. Pelantikan Pramuka Garuda kali ini juga menjadi yang terbanyak di Kabupaten Gresik.

“Hari ini kita menyaksikan peserta didik UPT SMPN 3 Gresik menjadi Pramuka Garuda. Semoga ini menjadi pemicu dalam meningkatkan kapasitas anak-anak agar bermanfaat bagi sekitar khususnya Kabupaten Gresik,” ujar Kakak Aminatun dalam sambutannya.

Menurutnya, proses dalam menuju Pramuka Garuda terbilang cukup susah. Karena banyak kriteria yang harus dipenuhi oleh para peserta untuk bisa mendaftarkan diri menjadi Pramuka Garuda.Mereka harus mengumpulkan portofolio yang berisi semua kegiatan yang telah dilakukan. Dan semua kegiatan tersebut berkategori positif. Karenanya, ini menjadi sebuah pencapaian yang membanggakan bagi siswa dan orang tuanya.

“Panjenengan wajib bangga memiliki anak-anak seperti ini. Karena saya tahu perjuangan mereka, dan saya yakin mereka adalah adik-adik pilihan yang akan menggantikan kita dimasa depan.” tandasnya.

Kepala Sekolah UPT SMP Negeri 3 Gresik Daifi menambahkan, para siswanya saat ini juga sering aktif dalam berbagai kegiatan kepramukaan. Ini menjadi ikhtiarnya dan sekolah dalam mewujudkan generasi muda Pramuka yang progresif.Saat ini kita juga aktif dalam mengikuti berbagai ajang Pramuka, seperti Jambore di Pulau Bawean kemarin.” ujarnya.

Perlu diketahui agenda ini juga turut dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Gresik S. Haryanto, para kakak pembina Pramuka, dan para wali murid Pramuka Garuda Golongan Penggalang.

Para wali murid tersebut ikut terharu saat menyaksikan seluruh prosesi. Apalagi sebelum pelantikan dilakukan, para calon Pramuka Garuda Golongan Penggalang memberikan pelukan kepada para orang tua mereka.


Reporter Budihariyanto