Prof Zainuddin Maliki Hadiri Dialog Kebangsaan IDI, Perkuat Pengabdian untuk Masyarakat

Listen to this article

LAMONGAN lintasjatimnews.com – Prof Dr Zainuddin Maliki MSi anggota DPR RI Komisi X Hadiri Dialog Kebangsaan IDI (Ikatan Dokter Indonesia). Dialog Kebangsaan ini bertempat di Aula Gajah Mada Gedung Pemda Lamongan, Senin (23/10/2023)

Dialog kebangsaan Ikatan Dokter Indonesia mengangkat tema Memperkuat Ikatan Tradisi Luhur, Bersatu dan Mengabdi untuk Rakyat Indonesia. Selain Prof Zainuddin Maliki dialog ini menghadirkan narasumber, Ketua Pengurus Besar IDI Dr dr Moh Adib Khumaidi Sp.OT dan Ketua IDI Wilayah Jawa Timur DR Dr d. Sutrisno SpOG.K.

Ketua Panitia dr Budi Himawan, Sp.U mengaku bangga karena Lamongan terpilih sebagai tuan rumah dalam Peringatan HUT ke-73 IDI. Meski Lamongan adalah kota kecil, tetapi memiliki SDM yang unggul.

Lanjut dr Budi Himawan bahwa dialog kebangsaan ini bertujuan untuk memperkuat pengabdian dokter Indonesia untuk masyarakat.

“Dokter Indonesia akan selamanya menjadi dokter rakyat Indonesia,” ungkap Ketua IDI Cabang Lamongan ini

Wakil Bupati Lamongan KH Abdul Rouf mengapresiasi peran dokter Indonesia dalam pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat, yakni kesehatan.

Wabup Abdul Rouf juga menyampaikan tentang beberapa capaian Kabupaten Lamongan dalam pemenuhan hak kesehatan masyarakat. Tak lepas dari kontribusi para dokter dan tenaga kesehatan lainnya.

Lanjutnya, angka harapan hidup di Kabupaten Lamongan mencapai 72.86 dan indeks kesehatan berada di angka 0.88 merupakan capaian luar biasa. Hal ini karena beberapa inovasi unit pelayanan kesehatan pada 32 Puskesmas dan 3 RSUD di Lamongan,

Ditambahkan oleh Wabup Abdul Rouf mengenai pentingnya peran Pemerintah Desa dalam menyediakan layanan kesehatan. Salah satunya melalui Posyandu

“Program unggulan Lamongan Sehat, salah satunya Home Care Service yang memberikan layanan jemput bola bagi warga yang sakit tetapi tidak memiliki keluarga dan biaya untuk berobat,” ungkap Wabup Abdul Rouf.

Sementara itu, Prof Zainuddin Maliki mengapresiasi tentang peran IDI dalam pengabdian untuk masyarakat. Banyak hal yang telah dilakukan IDI dalam memenuhi kebutuhan dasar masyarakat yang berupa kesehatan.

Lebih lanjut, anggota DPR RI Fraksi Partai Amanat Nasional ini mengungkapkan perannya sebagai anggota Komisi X yang membidangi kesehatan. Peran peran itu dilakukan sedemikan untuk memperkuat tenaga kesehatan Indonesia, termasuk di dalamnya organisasi profesi dokter Indonesia ini

“Termasuk dalam pembahasan RUU Kesehatan (Omnibus Law) menjadi perhatian kami,” pungkas Guru Besar FISIP UMSIDA ini

Reporter : Fathurrahim Syuhadi