Gedung Poskal Karangasem Lamongan Diresmikan Gubernur Jatim

Listen to this article

LAMONGAN lintasjatimnews.com – Gubernur Jawa Timur (Dr. (HC) Hj. Khofifah Indar Parawansah, M.Si.) meresmikan Gedung Planetarium dan Observatorium Karangasem Lamongan (Poskal) milik Ponpes Karangasem Muhammadiyah Paciran Lamongan, Jum’at (20/19/2023) bersamaan dengan rangkaian kegiatan milad ke-75.

Lokasi Poskal terletak di Desa Sendangagung, Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan mudah dijangkau dengan kendaraan roda dua atau roda empat. Dari arah barat atau timur melewati Jalan Raya Daendlesh, tepat dipertigaan menuju ke arah selatan Desa Sendangduwur.

Pukul 07.00 WIB tamu undangan peresmian Poskal mulai berdatangan hingga pukul 09.00 WIB sudah penuh. Tepat pukul 09.30 WIB Gubernur Jawa Timur beserta rombongan tiba di lokasi disambut KH. Drs. Abdul Hakam Mubarok, Lc. M.Pd. dan langsung memberikan santuan kepada 10 anak yatim LKSA Karangasem.

Tampak dalam jajaran undangan; Prof. Dr. Zainudin Maliki, M.Si. (Anggota DPR RI), Sekretaris Daerah Lamongan (Drs. H. Nalikan, MM.), Drs. H. Khusnul Aqib, MM. (Wakil Ketua DRPD Lamongan), Ahmad, S.Ag dan Ali Mahfudh, S.Ag. MM. (anggota DPRD Lamongan), Pengadilan Agama Lamongan, Kantor Kemenag Lamongan, Muspika Paciran, Kepala Desa Sendangagung dan Sendangduwur.

Acara langsung dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Muhammadiyah, serta persembahan Tari Saman oleh santriwati. Dilanjutkan pembacaan Ayat-ayat Alquran dan doa dibacakan KH. Drs. Shodikin, M.Pd. (Ketua PD Muhammadiyah Lamongan). Sambutan selamat datang oleh KH. Drs. Abdul Hakam Mubarok, Lc. M.Pd. dan sambutan Dr. dr. Sukadiono (Ketua PW Muhammadiyah Jatim).

Berikutnya sambutan pengarahan oleh Dr. (HC) Hj. Khofifah Indar Parawansah, M.Si. (Gubernur Jawa Timur), diawali dengan cerita bertemu dengan Kyai Mubarok sebelum membangun Poskal, “Setelah kunjungan kerja ke Wisata Bahari Lamongan (WBL), saya menyempat diri ke pesantren beliau, saat itu masih salat berjamaah dhuhur di masjid,” cerita mantan Materi Sosial RI.

“Dalam silaturrahim tersebut saya berbincang-bincang ringan dan santai dengan Pak Kyai Mubarok, secara spontan beliau bercerita bahwa pondok memiliki tanah kosong dan berkeinginan untuk dibangun fasilitas santri untuk belajar Ilmu Falak (Astronomi). Saya respon positif dan saya minta untuk ditindaklanjuti, Alhamdulillah terealisasi bangunan Poskal,” kenangnya ketua Ikatan Alumni Unair Surabaya.

Mengakhiri sambutannya, Dr. (HC) Hj. Khofifah Indar Parawansah, M.Si. mengucapkan selamat dan sukses atas Milad Ponpes Karangasem Paciran Ke-75. Ponpes Karangasem Paciran secara sanitific telah memberikan inspirasi dan membangun derajat kemanusian melalui tradisi keilmuan yang kuat.

Selesai memberikan sambutan, Gubernur Jawa Timur meresmikan dengan mendatangani prasasti Gedung Poskal dan pengguntingan pita yang disiapkan panitia. Ponpes Karangasem Paciran memasuki Gedung Poskal sampai di lantai tiga diikuti rombongan dan undangan.

Dr. (HC) Hj. Khofifah Indar Parawansah ditemati Kyai Mubarok dan rongbongan menyempatkan diri untuk menyapa undangan dan foto bersama. Di samping itu, memberikan kesempatan kepada awak media yang hadir untuk bertanya seputar pembangunan Gedung Poskal.

Reporter: Efendy