UMG Gelar Wisuda Ke-43, luluskan 488 mahasiswa berkualitas, Satu Mahasiswa Raih IPK Sempurna

Listen to this article

GRESIK lintasjatimnews.com – Universitas Muhammadiyah Gresik kembali menghelat gelaran Wisuda ke-43. kali ini, meluluskan wisudawan dan wisudawati dari jenjang Diploma (D3), Sarjana (S-1), dan juga dari jenjang Pasca Sarjana (S-2).

Sebanyak 488 wisudawan dan wisudawati yang berasal dari 27 Program Studi berhasil menyelesaikan pendidikannya pada periode wisuda ini dengan rincian 7 wisudawan dari program Diploma (D3), 474 wisudawan dari Program Sarjana (S1), dan 7 wisudawan dari Program Pascasarjana (S2).Gelaran wisuda ini merupakan wisuda kedua di tahun 2023 yang diadakan di Graha Kartini Ballroom Gresik, Kamis 19/10/2023.

Selain wisudawan dan wisudawati beserta orang tua, tampak hadir pula beberapa tamu diantaranya Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah yang diwakili oleh Prof. Dr. H. Achmad Nurmandi, M.Sc., Pimpinan Wilayah Muhammadiyah diwakili oleh Prof. Dr. Biyanto, M.Ag., yang juga merupakan Ketua BPH UMG, Bupati Gresik, H. Fandi Akhmad Yani, S.E., perwakilan dari LLDIKTI Wilayah VII Jawa Timur, Kopertais Wilayah IV Jawa Timur, Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Gresik serta Pimpinan Daerah Aisyiyah Kabupaten Gresik. Selain itu hadir pula beberapa Direktur Perusahaan di Jawa Timur sebagai user dari banyak lulusan UMG.

Rektor Universitas Muhammadiyah Gresik, Nadhirotul Laily, S.Psi., M.Psi., Ph.D., Psikolog., dalam sambutannya mengatakan bahwa UMG berbangga dapat kembali melepaskan lulusannya untuk berkontribusi dalam masyarakat. Nadhirotul, demikian sapaan akrabnya, mengingatkan pada seluruh wisudawan dan wisudawati untuk dapat mengabdi di tengah-tengah masyarakat dengan penuh kesungguhan dan integritas.

“Mohon diingat bahwa Saudara adalah seorang ilmuwan, seorang ulul al-baab yang ditinggikan derajatnya oleh Allah, sehingga ilmu yang Saudara punya harus disertai dengan etika dan moral sehingga mampu membawa kebaikan pada umat manusia,” terangnya.

foto istimewa (Budi LJN) Wisuda UMG graha kartini ballroom

Nadhirotul juga menyampaikan beberapa raihan prestasi Universitas, dosen dan juga mahasiswa selama enam bulan terakhir. Diantara nya yakni UMG yang berhasil meningkatkan akreditasi menjadi Baik Sekali dari BAN-PT. Dan juga UMG meraih peringkat 1 Perguruan Tinggi Se-Kabupaten Gresik versi Kemdikbud.

capaian lain bidang kemahasiswaan yang diraih UMG termasuk diantaranya peringkat 34 Nasional SIMKATMAWA, peringkat 13 Nasional SIMKATMAWA pada LIGA 2, beberapa proposal lolos Hibah Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dan Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW). Selain itu pada gelaran Porprov Jatim yang lalu pun beberapa atlet yang merupakan mahasiswa di UMG berhasil memenangkan banyak medali baik emas, perak maupun perunggu. Ditambah dengan banyaknya dosen yang menjadi pembicara di luar negeri dan mendapatkan beasiswa menunjukkan komitmen UMG dalam menyiapkan bekal lulusannya untuk berkarya di masyarakat.

Dirinya yakin bahwa setelah lulus, lulusan UMG telah memiliki bekal ilmu yang cukup untuk terjun ke dunia kerja dan bermasyarakat.

Gelaran wisuda kali ini terasa lebih istimewa karena ada satu wisudawan yang lulus dengan IPK sempurna yakni 4.00. Wisudawan tersebut adalah Choirul Anam, ia mengaku senang bisa menjadi lulusan terbaik di Wisuda UMG ke-43 kali ini. Ia berhasil lulus 8 semester atau 4 tahun di program studi Teknik Kimia.

“Saya selalu berusaha melakukan yang terbaik,” ujar Choirul.

Tak hanya itu, terdapat wisudawan yang berasal dari negeri gajah Thailand, Muslim Deemae dari prodi Manajemen, yang tidak dapat hadir ketika wisuda berlangsung dikarenakan telah diterima bekerja di Malaysia.

Reporter Budihariyanto