Dandim 0801/Pacitan Hadiri Pelantikan Kades Terpilih di Pendopo Kabupaten Pacitan

Listen to this article

PACITAN lintasjatimnews.com – Pagi ini, Dandim 0801/Pacitan Letkol Inf Roliyanto S.I.P.,M.I.P, menghadiri kegiatan pelantikan Kepala Desa terpilih yang dipimpin Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji, berlangsung di Pendopo Tumenggung Marto Hadiwinoto Jl. Jaksa Agung Suprapto No. 08 Pacitan, Kamis (19/10/2023).

Dalam sambutannya, Bupati Pacitan menekankan 5 poin penting kepada Kades terpilih diantaranya, mengutamakan rakyat, memahami kewenangan yang berdasarkan asal-usul, kewenangan lokal berskala Desa dan kewenangan lain yang ditugaskan oleh pemerintah, serta memahami tugas, kewenangan, kewajiban, dan hak sebagai Kepala Desa.

“Saya berpesan kepada Kades terpilih segera susun RPJMDes sebagai penjabaran visi misi menyesuaikan kondisi dan sumber daya yang ada, sehingga arah pembangunan Desa menjadi jelas serta mudah dipahami oleh seluruh masyarakat”, kata Bupati dalam arahannya saat melantik Kades tetpilih.

Lebih dari itu, ia meminta agar Kades selalu berkoordinasi dengan Camat maupun Dinas terkait lainnya, karena erat kaitannya dengan pembinaan serta pengawasan di Desa.

“Setelah ini, Kades agar memahami kewenangan tugas pokok dan fungsinya, selain itu sebisa mungkin selaras dengan program dari pemerintah. Semisal kekeringan, Stunting maupun kemiskinan, perlu ditangani secara bersama-sama. Ini penting karena kewenangan Desa ada batasnya”, jelasnya.

Sementara itu, Dandim 0801/Pacitan menyampaikan apresiasinya atas penyelenggaraan pilkades serentak pada bulan Agustus yang lalu, dimana semua pihak berkontribusi menjaga keamanan dan ketertiban sehingga pilkades berjalan sukses, aman dan lancar.

“Pergantian kepemimpinan menjadi momen penting dalam demokrasi lokal untuk menentukan arah kebijakan pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat di tingkat Desa. Saya ucapkan selamat atas dilantiknya Kades terpilih, untuk itu laksanakan tugas ini dengan sebaik-baiknya sebagai amanah dari rakyat”, ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Pacitan juga menyerahkan santunan JKM, JHT kepada ahli waris Almarhum Kades Widoro Kec. Pacitan, Hudiono serta beasiswa kepada anak almarhum.

Reporter: priyo