Rini Indriyani Eri Cahyadi : Warakawuri menjadi inspirasi untuk tetap semangat

Listen to this article

SURABAYA lintasjatimnews.com – Ketua Gabungan Organisasi Wanita Surabaya, Rini Indriyani, S.Farm,Apt, Eri Cahyadi, ibu walikota Surabaya mengadakan kegiatan anjangsana ke induk organisasi Warakawuri DPC Pebapri Kota Surabaya, pada hari Selasa 17/10/2023, bertempat di jalan Ksatriyan nomer 7 Surabaya.

Kegiatan anjangsana ini merupakan kegiatan rutin ketua gabungan organisasi wanita surabaya, dalam rangka silaturahmi untuk mempererat tali silaturahmi antar anggota organisasi wanita surabaya, supaya Antara satu dengan yang lainnya saling mengenal sehingga akan tercipta suatu kolaborasi dan kerjasama antar anggota organisasi wanita surabaya.

Harapan saya untuk warakawuri semakin sehat, dan menjadi inspirasi buat kita yang lebih muda ini untuk tetap semangat, karena para warakawuri ini di usia tidak muda lagi tentunya, tetapi tetap sengat untuk orang banyak, kami sampaikan terimakasih kepada para warakawuri yang sudah menerima kedatangan kami pada acara anjangsana ini, kata Rini Indriyani, S.Farm,Apt, Eri Cahyadi, ketua Organisasi Wanita Surabaya.

Warakawuri adalah sebutan dari isteri seorang militer atau purnawirawan yang sampai saat suaminya meninggal dunia masih masih menjadi istri yang sah menurut peraturan yang berlaku. Istilah purnawirawan kerap ditemukan dalam kehidupan sehari-hari, merupakan istilah yang ditujukan untuk menyebut pensiunan TNI dan Polri, yang mana sering juga disebut warakawuri.

Pengertian warakawuri juga dapat di temukan dalam peraturan pemerintah nomor 36 tahun 1968 tentang pensiun pada warakawuri. Pada saat itu, TNI dan Polri merupakan suatu kesatuan yang berada dibawah Angkatan Bersenjata Republik Indonesia dengan pemimpin panglima ABRI. Meski kini TNI dan Polri telah terpisah menjadi institusi yang berbeda, istilah warakawuri tetap di gunakan di dua institusi tersebut, penjelasan Hartini Mochtar, SH, FCBArb, Ketua Kabid PD Pepabri Wilayah Jawa Timur.

Nama Warakawuri ini bukan hanya nama organisasi, tetapi tercantum juga pada administrasi pensiun juga tercantum. Harapan saya pemerintah bisa meninjau pensiun janda, karena tidak pernah naik, dan itu dibawah UMR. Dan untuk GOW Surabaya semoga banyak nya kegiatan bisa menunjang UMKM yang berhasil, dan bisa berkolaborasi dengan warakawuri, sambung Hartini Mochtar, SH, FCBArb.

Para warakawuri menikmati acara silaturahmi Gabungan Organisasi Wanita Surabaya ini, dengan bersemang mengikuti acara sampai berakhir. Jamuan tuan rumah dengan keramahan yang tersaji indah sudah dipersiapkan oleh induk organisasi Warakawuri DPC Pebapri Kota Surabaya. Alunan musik elekton dengan dendangan penyanyi dari warakawuri menutup acara.

Reporter : Heni