Babinsa Koramil 0805/12 Mantingan Nguri – Uri Kesenian Tradisional Lokal Klantung

Listen to this article

NGAWI lintasjatimnews.com – Babinsa Koramil 0805/12 Mantingan, Sertu Oktsa Dwiranto silahturahmi mendatangi tempat latihan Seni Tradisional Klantung di Dusun Jomblang, Desa Pakah, Kecamatan Mantingan, Kabupaten Ngawi. Rabu (18/10/2023).

Seni Tradisional Klantung Jomblang Salak pimpinan Sardi beranggotakan 30 orang dan masing masing orang memiliki peranan sendiri memegang peralatan dan kelengkapan saat Seni Tradisional Klantung tampil dipentaskan yang meliputi Kentongan, Klotak, Kendang, Kempyang, dan Gong.

Kehadiran Babinsa Koramil 0805/12 Mantingan selain dalam rangka monitoring wilayah juga bermaksud bersilaturahmi dan ikut menguri uri kesenian/budaya tradisional lokal warga setempat.

“Kalau bukan bapak bapak dan para generasi muda yang dihadapan saya siapa lagi yang akan melestarikan Seni Tradisional Klantung Desa Pakah” ucap Babinsa.

Sertu Oktsa Dwiranto selaku Babinsa berpesan agar warga senantiasa mencintai dan melestarikan kebudayaan dan kesenian tradisional lokal agar tidak punah dan terkikis oleh seni budaya modern dari luar negeri.

“Terimakasih banyak atas support dan motivasi dari Babinsa, semoga Seni Tradisional Klantung Jomblang Salak Desa Pakah semakin maju berkembang dan eksis selalu” sambung Sardi.

Reporter: pudianto