Pelatihan Pra UKW Jember di Ikuti Banyak Media dan Wartawan

Listen to this article

JEMBER lintasjatimnews.com – Kegiatan pelatihan pra UKW yang dilaksanakan oleh media Filesatu yang kebetulan media tersebut ulang tahun yang ke 3 telah mengadakan pra UKW yang ditempatkan di Kecamatan Puger Kabupaten Jember. Selasa 26/9/2023.

Acara tersebut dihadiri oleh beberapa media inline dan cetak dari berbagai Kabupaten. Dan juga dihadiri oleh bapak Camat dan juga dari dinas pariwisata dan lainnya serta dihadiri oleh Narasumber Pelatihan Jurnalistik, Jurnalis Menuju Profesional UKW yaitu Ahmad Djauhari.

Menurut Camat Puger Heru Widagdo pada sambutannya, Mengucapkan Selamat buat ulang tahun media filesatu yang ketiga dan juga menyampaikan, Selamat datang kepada semua Wartawan dari beberapa media baik media online ataupun media cetak yang telah hadir dan mengikuti acara Jurnalis Bersiap Menyambut UKW yang diadakan oleh media filesatu yang bertempat di kantor Kecamatan Puger Kabupaten Jember.

Teman- teman yang dari dari beberapa Kabupaten bisa bertatap muka langsung dengan saya selaku camat puger. Karena tanpa wartawan atau tanpa media, informasi tidak akan buming. Maka dari itu kami sangat bermitra sekali dan cinta sekali kepada wartawan atau media. Cetusnya.

Acara kegiatan Jurnalis Bersiap Menyambut UKW yang disampaikan oleh Supeno, S.H, selaku pimred filesatu mengatakan, acara ini diikuti oleh beberapa media online dan cetak, dan juga yang mengikuti Jurnalis Bersiap Menyambut UKW.

Peserta ada yang dari Surabaya, Kediri, Lamongan, Lumajang, Jember, Tuban, dan dari Kabupaten lainnya, alhamdulillah atas kehadiran dan keinginan rekan- rekan media online dan media cetak untuk mengikuti acara ini, mudah- mudahan kedepannya bisa menjadi wartawan/ Jurnalis yang Profesional. Ujarnya.

Huryadi yang mewakili dari dinas Pariwisata Budaya Jember juga menyampaikan, Semoga acara menyambut UKW yang diikuti oleh beberapa media online dan media cetak, kedepannya bisa lebih baik lagi dan menjadi wartawan atau Jurnalis yang profesional.

Semoga kedepannya kinerja wartawan bisa menyampaikan informasi yang lebih baik dan akurat, berimbang. Dan kami juga menyampaikan selamat ulang tahun untuk media file satu, semoga kedepannya tambah jaya. Tuturnya singkat.

Menurut Ahmad Djauhar selaku Narasumber mengatakan, Jadilah wartawan yang profesional dan harus betul- betul mematuhi aturan Pers. selalu menyampaikan informasi yang akurat sehingga bisa berdampak positif kepada masyarakat banyak, wartawan harus menulis berita, yang artinya apa yang mereka ketahui dan apa yang mereka dengar.

Wartawan harus menulis berita dengan cara diharuskan konfirmasi. Artinya tidak serta merta, wartawan harus memberi wawasan yang baik bagi masyarakat banyak, institusi media dibuat bukan untuk gagah- gagahan atau sekadar ikut- ikutan akan tetapi harus memberikan informasi yang baik dan akurat agar bisa bermanfaat bagi masyarakat banyak. Ujar Ahmad Djauhar selaku narasumber pelatihan Jurnalistik, Jurnalis Menuju Profesional UKW didepan rekan- rekan Wartawan.

Ahmad Jauhar

Masih menurutnya, fungsi PERS/ Media Massa, Menjadi sumber/ penyebar informasi yang berimbang (verifikator setiap fakta), Mendidik Masyarakat (termasuk pendidikan politik), penyedia hiburan kepada masyarakat, sebagai Watcdog fungsinya Mengawasi penguasa dalam menjalankan pemerintahan- bagian Kontrol Sosial. Imbuhnya.

Lanjut dia, (UKW) Prinsipnya, Menjadi Wartawan yang sehari- harinya memang menjadi seorang wartawan dengan mengangkat hasil karya liputannya yang di dapatnya dan diketahuinya sehingga karya tulisan tersebut bisa menyebar luas, agar diketahui oleh masyarakat banyak. Katanya.

“Kode Etik Jurnalistik, Bersikap Independen, menghasilkan berita yang akurat, berimbang, dan tidak beritikad buruk. Menempuh cara- cara yang profesional dalam menjalankan atau melaksanakan tugas Jurnalistik. Selalu menguji informasi, memberitakan secara berimbang”.

Independen dan Profesional, independen merupakan sikap yang harus dimiliki jurnalis/ pewarta ketika ybs bertugas, demi menghasilkan tulisan yang jernih, tidak memihak, dan Cover Both- Sides. sikap lain yang harus dimiliki seorang Wartawan adalah profesional, tidak mudah baper atau terhanyut suasana. Ini penting untuk menjaga Kualitas Karya yang dihasilkannya seoptimal mungkin. Standard Kompetensi Wartawan, Sebagai Follow Up dari program Standardisasi perusahaan Pers yang dicanangkan pada piagam palembang 2010 pada peringatan HPN 2010.

Masyarakat Pers Nasional melalui Dewan Pers menjadikan uji Kompetensi Wartawan (UKW) sebagai program wajib bagi mereka yang berprofesi jurnalis/ pewarta dan mulai dilaksanakan sejak 2011. Bagi Wartawan yang mengikuti UKW, Dewan Pers memberikan Pengakuan berupa piagam dan lainnya. salah satu tujuan utama Sertifikasi Wartawan dengan jenjang Muda, Madya dan utama adalah memastikan Wartawan memiliki Kompetensi, Pengetahuan dan Keterampilan yang memadai untuk bekerja di Sektor Media. sesuai amanat UU Nomor 40/ tahun 1999 tentang Pers. Jurnalis Cum Media memiliki fungsi Mencari, Menyebarkan Informasi, Mendidik, Menghibur, dan Menjalankan fungsi Kontrol Sosial. Pungkasnya.

Reporter: ahmad