Ada Qari Tunanetra Ikuti Try Out di Ponpes Al Ishlah Sendangagung

Listen to this article

LAMONGAN lintasjatimnews.com – Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Tingkat Jawa Timur akan digelar di Pasuruan 29 September – 9 Oktober 2023. Untuk itu kafilah Lamongan terus mengadakan latihan rutin sebulan sekali, dan kali ini diadakan dalam bentuk Try Out di Pondok Pesantren Al Ishlah Sendangagung Paciran Lamongan Jawa Timur, Sabtu-Ahad 23-24/9/2023.

Salah satu peserta Try Out ini adalah Ahmad Farid, penyandang tunanetra dari Desa Pringgoboyo Maduran yang berusia 18 tahun dan sekolah di SLB Negeri Lamongan, jalan Banjar Mendalam Kecamatan Lamongan.

Meskipun memiliki keterbatasan fisik (tunanetra), tetapi Farid memiliki semangat tinggi untuk mengikuti persiapan lomba atau Try Out di Ponpes Al Ishlah ini. Dia berharap Lamongan mampu mempertahankan menjadi juara umum kembali, seperti saat di Pamekasan 2021 lalu

Anak didik santri Drs KH Ahmad Lazim Suud ini telah berulangkali menorehkan prestasi baik di lokal Lamongan maupun tingkat nasional, juara satu MHQ (Musabaqah Hifdhul Qur an) 2019 di Jember, MTQ Pelajar LB Nasional 2022 di Jakarta, juara kedua lari di Sidoarjo, dan di MTQ Jatim di Pamekasan 2021 juara harapan dua.

Anak pasangan M Kholiq dan Sulistiowati ini senang mengikuti Try Out di ponpes Al Ishlah dalam rangka melatih mentalnya dan para kafilah yang akan mengikuti MTQ Jawa Timur di Pasuruhan nanti.

Dan ketika Farid tampil melantunkan ayat suci al Quran, santri Al Ishlah dibuatnya terperangah takjub akan merdunya suara dan kefasihannya dalam makharijul khuruf. Dibalik keterbatasannya ada kelebihan yang luar biasa, kesan itulah yang ditangkap oleh 2000 an santri yang memenuhi Masjid Al Ishlah itu.

Dr Piet Hizbullah Haidir SAg MA,, Pembina Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Lamongan Bidang tafsir Arab Inggris dan Indonesia mengungkapkan Try Out sekarang ini ditempatkan di Ponpes Al Ishlah atas permohonan LPTQ Lamongan, dan untuk itu kita menyambutnya dengan tangan terbuka, Ahlan wa Sahlan, ucap ustadz Piet yang juga Ketua STIQSI Lamongan ini.

Drs KH Muhammad Dawam Sholeh pengasuh dan pendiri Ponpes Al Ishlah juga senang menyambut kafilah Lamongan di Al Ishlah ini dengan harapan santri bisa meniru para kafilah dan semoga akan lahir dari Al Ishlah bibit unggul kafilah Lamongan.

Reporter, Gondo Waloyo.