Pemilihan Ketua OSIS SMP Negeri 2 Sugio Pertama Kali Menggunakan E-Voting

Listen to this article

LAMONGAN lintasjatimnews.Com – Pemilihan ketua OSIS di SMP Negeri 2 Sugio periode 2023 – 2024 tahun ini menggunakan E-Voting. Hal ini berbeda dengan tahun sebelumnya, Kegiatan ini bertempat di laboratorium IPA SMPN 2 Sugio, Sabtu (16/9/2024)

Urusan Kesiswaan SMP Negeri 2 Sugio Asri, S.Pd mengatakan bahwa kegiatan pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS ini merupakan Penerapan P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) dengan tema Suara Demokrasi dengan menggunakan kemajuan teknologi.

Lanjutnya, kegiatan Pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS ini diikuti sejumlah pemilih 349 suara. Sehari sebelumnya tepatnya hari Jum’at tanggal 15 September 2023 di adakan kampanye para calon ketua dan wakil ketua OSIS dihadapan seluruh siswa atau seluruh pemilih.

Ditambahkan Asri, para pemilih melakukan registrasi dahulu baru menuju ke bilik suara dan login untuk memilih salah satu pasangan calon ketua dan wakil ketua OSIS. Dengan menggunakan tablet yang sudah disiapkan sebagai sarana E-Voting.

Seluruah kegiatan yang menjadi pelaksana adalah pengurus osis lama, baik bagian registrasi, pemandu login, operator, bagian pendaftaran bahkan yang menyiapkan tempatnya. Sementara pembina OSIS mendampingi dengan harapan tidak salah arah dan bisa berjalan dengan baik dan lancar.

“Kegiatan ini dilakukan oleh pengurus OSIS periode 2022 – 2023 yang akan segera mengakiri jabatannya dan digantikan oleh calon ketua OSIS hasil E-voting ini,” ujar Asri

Sementara itu Sudjatmiko, humas SMP Negeri 2 Sugio mengatakan pemilihan dengan E-Voting ini lebih cepat. Lebih efisien waktu, sehingga tidak banyak jam kosong di kelas.

“Sebab pemilih datang ke pendaftaran langsung memilih dan langsung kembali ke kelas masing –masing untuk mengikuti pelajaran seperti biasa. Jadi lebih efektif,” ujarnya Sudjatmiko.

Ketua OSIS Daffta menjelaskan bahwa sebelum pemilihan ini sudah diadakan kampanye dan debat bagi seluruh calon ketua dan wakil ketua OSIS. Hari Jumat kemarin kita sediakan waktu untuk kampanye bagi seluruh calon, meraka memaparkan visi dan misi jika terpilih menjadi ketua dan wakil ketua OSIS.”

Lanjutnya, ada tiga calon Ketua dan Wakil ketua OSIS , yakni nomor urut 1. Syifa Nur Agustin berpasangan dengan Ladela Fitria Jamine, nomor urut 2. Aline Lovely Elvareta berpasangan dengan Nilta Hilma Amalia sedang nomor urut 3. Yerry Marcello Fabianto berpasangan dengan Amelyta Farahdina.

“Hasil E- Voting nomor urut 1 mendapatkan sebanyak 38 suara nomor urut 2 mendapatkan 104 suara sedang nomor urut 3 mendapatakan sebanyak 207 suara. Calon dengan nomor urut 3 mendapatkan suara terbanyak, sehingga berhak menjadi Ketua dan wakil ketua OSIS periode 2023 – 2024.

Nurhadi, S.Pd.,M.E. kepala Sekolah SMP Negeri 2 Sugio merasakan kebahagiaan tersendiri. Saya merasakan bahagia bahwa Pemilihan OSIS tahun ini bisa menggunakan E-Votting. Ini adalah pengalaman pertama bagi anak-anak dan pembina OSIS.

“Semoga anak anak bisa membawa pengalaman ini ke desa dan lingkungan masing – masing dalam setiap pemilihan ketua apapun di desanya,” ungkapnya

Lanjut Nurhadi, tahun ini mengawali untuk menggunakan campur tangan teknologi sebagai antisipasi perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat. Sehingga warga SMP Negeri 2 Sugio tidak ketinggalan dengan perkembangan IT

“Dengan perkembangan Teknologi dan Informasi yang semakin pesat maka OSIS SMP Negeri 2 Sugio juga harus belajar dan beradaptasi dengan lingkungan Teknologi Informasi. Sehingga OSIS tidak tertinggal dengan teknologi yang terus berkembang,” pungkasnya

Reporter Fathurrahim Syuhadi