Gubernur Khofifah Lepas Gowes Gemilang PORPROV ke-8 di depan Pendopo Sidoarjo

Listen to this article

SIDOARJO lintasjatimnews.com – Gubernur Jawa Timur, Drs Hj Khofifah Indar Parawansa MSi, bersama bupati Sidoarjo, Ahmad Muhdlor Ali SIP. Keduanya secara simbolis memberangkatkan ribuan peserta Gowes Gemilang 15 KM dalam rangkaian kegiatan Peresmian Maskot PORPROV VIII Jatim Tahun 2023, di depan Pendopo kabupaten Sidoarjo pada Minggu (3/9/2023) tepat pukul 07.00 WIB.

Gowes Gemilang 15 KM dengan terbagi dua rute, yakni untuk umum dan rute VIP khusus untuk gubenur, bupati dan jajaran Forkopimda kabupaten Sidoarjo.

“Untuk rute umum, start dari Pendopo Kabupaten Sidoarjo di jalan Cokronegoro lanjut ke jalan Gajah Mada – Jalan Surabaya Malang – Putar Balik Bundaran Tanggulangin Porong – Jakan Raya Tanggulangin – Jalan Raya Candi – Jalan Gatot Subroto (Pertigaan Larangan) – Jalan Sunandar Pr Sudarmo – Jalan Diponegoro – Perempatan Babalayar – Jakan Thamrin – Jalan Ahmad Yani – JalanGubernur Suryo – E Sultan Agung – Jalan Cokronegoro (Alun-Alun Sidoarjo),” jelas pemandu acara di hadapan ribuan pesepeda yang memadati ruas jalan depan Alun-alun Sidoarjo.

Sedangkan khusus rute VIP, lanjut MC, dimulai dari Pendopo Jalan Cokronegoro – Jakan Jenggolo – Jalan Gajah Mada – Jalan Surabaya Malang – Jalan Gatot Subroto (Pertigaan Larangan) -Jalan Sunandar Priyo Sudarmo – Jalan Diponegoro – Perempatan Babalayar – Jalan Thamrin – Jalan A.Yani – Jalan Gubernur Suryo – Jalan Sultan Agung – Jalan Cokronegoro (Alun-Alun Sidoarjo).

“Peserta rute VIP dipimpin langsung ibu gubenur Khofifah Indar Parawansa dan bapak bupati Muhdlor beserta jajarannya dan Forkompinda Sidoarjo gowes sekitar 5 KM saja lalu kembali ke lokasi acara Launching Maskot Porprov Si Udeng di panggung utama di Alun-Alun kota Sidoarjo,” terang MC membacakan rangkaian acara.

Rombongan Gowes Gemilang PORPROV VIII rute VIP yang dipimpin gubernur Jatim menyempatkan diri mampir ke kampung batik kawasan Jetis, kelurahan Lemah Putro, kecamatan Sidoarjo kota, kabupaten Sidoarjo.

“PORPROV adalah pekan olahraga provinsi yang insya’allah dibuka pada tanggal 9 September malam. Karena tamu dari para atlet, ofisial dan pelatih sekitar 17 ribu orang. Belum penontonnya, belum keluarganya.

Maka, kemarin saat peluncuran logo dan maskot, saya menyampaikan bahwa ekosistem dalam porprov ini antara lain yang sangat strategis adalah sektor UMKM. Jetis ini sentra batik yang cukup tua. Tadi yang saya tinjau harganya sangat terjangkau dan kalau cari kualitas lebih halus dan tulis ya di sini (kampung batik Jetis Sidoarjo),” ungkap gubenur Khofifah di salah satu toko dan galeri batik di kapung batik Jetis Sidoarjo.

Selanjutnya, ibu gubenur Khofifah Indar Parawangsa berharap agar even PORPOV ke-8 yang diadakan di tiga kota mampu mendongkrak UMKM dan wisata di dalamnya, termasuk bagi kampung batik Jetis karena Sidoarjo termasuk dari tiga kota/kabupaten selaku tuan rumah PORPROV VIII 2023.

“Ini jadi penting, untuk disampaikan kepada seluruh peserta. Saya khawatir, tidak semua peserta, atlet dan pengunjung tahu bahwa ada sentra batik di Jetis ini. Ini penting, supaya mereka mengenal Sidoarjo lebih dekat, lebih luas dan lebih dalam. Selain itu mampu mengeksplor titik-titik wisata di Sidoarjo.

Sehingga warna PORPROV tidak sekedar warna olahraga, tapi juga ada warna wisata dan ada warna usaha seperti UMKM di sini,” harap ibu gubenur yang digadang-gadang masuk bursa cawapres ini.

Seperti diketahui Pekan Olah Raga Provinsi (PORPROV) Jawa Timur ke-8 akan diadakan pada tanggal 9-16 September 2023 diadakan di tiga kabupaten, yakni Sidoarjo, Mojokerto dan Jombang.

Karenanya Porprov kali ini ada tiga maskot, yakni Si Udeng, yakni udang dan bandeng yang merupakan lambang spritualitas dari Kabupaten Sidoarjo. Ada Si Mada atau Patih Gajah Mada dari Kabupaten Mojokerto. Ada Si Condro dari Kota Mojokerto dan ada Si Jatayu dari Kabupaten Jombang.

Reporter: Zuhri