Pencanangan Imunisasi Rotavirus (RV) di Kecamatan Laren

Listen to this article

LAMONGAN lintasjatimnews.com – Puskesmas Kecamatan Laren melaksanakan program nasional Pencanangan Imunisasi Rotavirus (RM). Kegiatan tersebut dilaksanakan di pendopo Kecamatan Laren, Selasa (15/08/2023)

Kegiatan yang menghadirkan Istri Kepala desa dan Ibu-ibu yang mempunyai anak bayi dibuka secara resmi oleh Camat Kecamatan Laren, Syam Teguh Wahono, S.H, M.M.

Dalam sambutannya, Camat menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak puskesmas yang menyelenggarakan kegiatan Pencanangan imunisasi Rotavirus. Juga kepada istri-istri kepala desa dan Ibu-ibu yang punya bayi Camat memberikan ucapan terima kasih yang bisa meluangkan waktu untuk hadir pendopo Kecamatan Laren

Sebagaimana dimaklumi, pada tahun 2023 ini, pemerintah melaksanakan program imunisasi nasional untuk memperluas jangkauan pelayanan imunisasi Rotavirus.

Tanggal 15 Agustus 2023 merupakan hari dicanangkannya pemberian imunisasi RV secara nasional sebagai rangkaian dari peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI.

Kepala Puskesmas Laren, Dokter Tri Puji Hastuti, saat dihubungi awak lintasjatimnews com melalui jaringan WA mengungkapkan bahwa di kecamatan Laren ada sejumlah 55 bayi yang akan menjadi sasaran imunisasi RV. 38 bayi sudah hadir bersama Ibunya hari ini (red: Selasa) dan akan mendapatkan imunisasi awal.

Lebih lanjut, Puji memaparkan bahwa Imunisasi tersebut, termasuk dalam imunisasi yang wajib diberikan kepada bayi pada rentang usia 2, 4, dan 6 bulan. Di mana setiap imunisasi diberikan dosis vaksin Rotavirus sebanyak 5 tetes. Upaya tersebut dilakukan pemerintah untuk melindungi balita dari penyakit, seperti diare berat dan stunting.

Pemberian imunisasi rotavirus ini untuk mencegah dari diare yang berat, karena jika bayi terkena diare itu dampaknya bisa terkena dehidrasi atau kekurangan cairan, yang akan turut berdampak pada kekurangan gizi dan nutrisi karena gizi dan nutrisinya keluar semua dari dalam tubuh.
Demikian paparan Kepala Puskesmas Laren.

Pencanangan Imunisasi juga ditandai dengan pelepasan sejumlah balon yang disertai poster Imunisasi Rotavirus (RV)

Reporter: M. Said