Fortasi SMPM Jipat Karangasem Lamongan Digelar, Begini Serunya!

Listen to this article

LAMONGAN lintasjatimnews.com – Forum Orientasi dan Ta’aruf Siswa (Fortasi) merupakan salah satu sistem pengkaderan di lingkungan lembaga pendidikan Muhammadiyah. Selain kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS), sekolah Muhammadiyah menyelenggarakan Fortasi.

SMP Muhammadiyah 14 Paciran (SMPM Jipat) Ponpes Karangasem Paciran Lamongan Tahun Pelajaran 2023-2024 mengadakan Fortasi selama 2 hari (20-21/7/2023). Pelaksanakan kegiatan Pimpinan Ranting Ikatan Pelajar Muhammadiyah (PR. IPM) SMPM Jipat Karangasem Paciran.

Kegiatan Fortasi diikuti oleh seluruh peserta didik baru SMPM Jipat Karangasem Paciran dengan sistem klasikal dan non klasikal. Secara klasikal peserta didik menerima materi Al-Islam, Keislaman, dan Ke-IPM-an. Sedangkan non klasikal berupa berupa kegiatan outbond yang bertempat di wisata Leha-leha Padeg, Sumurgayam, Paciran.

Suminto, M.Pd., Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, mengatakan kepada reporter lintasjatimnews, Fortasi merupakan salah satu kegiatan bentuk pengkaderan tingkat dasar yang harus diikuti oleh siswa-siswi baru. Secara teoritik agar siswa-siswi mengenal Kemuhammadiyahan dan Ke-IPM-an secara konseptual, katanya.

Selain itu, siswa-siswi baru diajak untuk kegiatan yang bersifat bergerak dan menyenangkan berupa outbond. Tujuannya supaya mereka senang dan gembira karena baru masuk di lingkungan baru. Seluruh kegiatan Fortasi ditangani oleh PR. IPM sebagai perwujudan langsung praktik kepemimpinan, pungkasnya.

Keseruan kegiatan Fortasi diceritakan ketua PR. IPM SMPM Jipat Karangasem, Aurel Alfiana Ramadhani, Alhamdulillah kegiatan Foortasi tahun 2023 berjalan lancar dan sangat seru. Siswa-siswi baru mengikuti kegiatan dengan antusias dan bergembira, terutama saat kegiatan outbond bertambah seru, ceritanya.

Atas nama PR. IPM SMPM Jipat Karangasem dan panitian Fortasi, saya menyampaikan terima kasih kepada pimpinan lembaga yang telah mempercayakan kegiatan ini. Kepercayaan ini kami laksanakan dengan sebaik-baiknya sesuai dengan arahan dan petunjuk bapak/ibu guru, ujar remaja asal Pantenan, Panceng, Gresik.

Reporter: Efendy