Paskibra SMPM 14 Jipat Karangasem Lamongan Juara Bina LKBB Se Jawa Timur

Listen to this article

LAMONGAN lintasjatimnews.com – SMP Muhammadiyah 14 (SMPM Jipat) Pondok Pesantren Karangasem Paciran, Lamongan meraih gelar Juara III Bina dalam Lomba Keterampilan Baris-berbaris (LKBB) tingkat SLTP (SMP/MTs) se Jawa Timur Open. Hari Ahad (18/6/2023).

Kegiatan LKBB diselenggarakan Pengurus Kabupaten Purna Pakibraka Indonesia (PPI) Lamongan Season II yang ditempatkan di Madrasah Aliyah Negeri 2 (MAN-2) Jalan Bulaksari No. 269 Sogo, Babat, Lamongan. Adapun peserta lomba berasal dari Club/Tim Paskibra satuan pendidikan SMP/MTs negeri dan swasta se Jawa Timur.

Berdasarkan uraian dalam proposal lomba dan saat acara technical meeting yang diselenggarakan Pengurus Kabupaten Purna Pakibraka Indonesia (PPI) Lamongan. Ada beberapa ketentuan yang harus dipatuhi dan ditaati, di antaranya:

  1. Peraturan PBB dasar mengacu pada Peraturan Panglima TNI No. 57 dan 58 Tahun 2018;
  2. Setiap pleton/pasukan diberi waktu penampilan 9 menit untuk PBB, Variasi dan Formasi;
  3. Waktu dimulai saat Danton memasuki kotak danton (kaki pertama) dan dihentikan saat aba-aba bubar Jalan (langkah pertama danton bubar);
  4. Peserta memakai kostum lomba masing-masing, dilarang menggunakan PDU;
  5. Ukuran lapangan perlombaan 22 x 14 meter;
  6. Ukuran kotak danton 1 x 1 meter;
  7. Garis arena perlombaan menggunakan sistem jurang;
  8. Pasukan WAJIB melaksanakan seluruh aba-aba dengan urutan yang telah di tentukan, apabila tidak urut dan/atau tidak dilaksanakan, maka tidak dinilai (0);
  9. Peserta diperbolehkan menambah aba-aba tambahan selama gerakan utama telah dilaksanakan;
  10. Peserta tidak diperbolehkan menggunakan Formasi atau Variasi musik. k. Peserta memasuki arena perlombaan dengan aba-aba berkumpul (pasukan di dalam arena lomba) dan keluar arena lomba menggunakan bubar jalan.

Adapun kriteria penilaian perlombaan sebagai berikut:

  1. PBB (75%) berdasarkan PBB Perpang TNI Nomor 57 & 58 Tahun 2018
  2. Formasi (10%) meliputi; proses buka formasi, unsur pbb, kerapian pasukan, tingkat kesulitan, bentuk formasi, proses tutup formasi, dan ending celebration;
  3. Variasi (10%) meliputi; opening celebration, unsur PBB, Kreatifitas pasukan, semangat pasukan, pesan yang disampaikan, tingkat kesulitan, dan ending celebration;
  4. Danton (5%) meliputi; penguasaan materi, sikap, ketegasan, intonasi, dan penguasaan lapangan;
  5. Best Favorite Netizen dan Best Popular Danton diperoleh dari jumlah like terbanyak.

Tim Paskibra Pascendra SMPM Jipat Karangasem mendapatkan udian nomor urut 6 dari 20 tim peserta yang berpartisipasi dalam lomba. Tampil dengan motivasi dan keyakinan yang tinggi di hadapan juri, panitia, pelatih, pembina, dan peserta mendapatkan sambutan meriah dari penonton yang hadir di lapangan.

Pelatih ekstrakurikuler Paskibra SMPM Jipat, Kurniawan Willy Yanto, SPd., mengatakan kepada reporter lintasjatimnews.com, “Peserta LKBB diselenggarakan Pengurus Kabupaten Purna Pakibraka Indonesia (PPI) Lamongan dari SMP/MTs negeri/swasta favorit se Jawa Timur yang berjumlah 20 tim dan satu-satunya dari SMP swasta,” kata Cak Willy.

“Langkah berat moment LKBB kali ini, karena harus bersaing dengan tim Paskibra dari SMP/MTs yang terbaik se Jawa Timur. Alhamdulillah Tim Paskibra Pascendra SMPM Jipat Karangasem tampil dengan kompak dan penuh semangat sehingga mampu meraih Juara III katagori Bina dan Best Danton III. Terima kasih kepada seluruh civitas akademika SMPM Jipat yang telah memberikan doa dan motivasinya,” pungkasnya.

Sementara itu, Wakil Kepala Bidang Kesiswaan SMPM Jipat, Hj Siti Muthohiroh, M.Pd., mengatakan, “Persiapan dan latihan tim Pascendra cukup singkat karena anak-anak bersamaan dengan kegiatan PSAT Genap sehingga porsi latihan anak-anak sangat pendek,” ujarnya.

“Alhamdulllah, hasilnya luar biasa dengan membawa 2 tropy. Saya menyampaikan terima kasih kepada anak-anak, Cak Willy selaku pembina, kedua orangtua, dan warga sekolah yang telah memberikan doa terbaiknya sehingga tim Pascendra SMPM Jipat membawa pulang prestasi sebagai Juara III LKBB se Jawa Timur 2023,” pungkasnya.

Prestasi yang diraih tim Pascendra SMPM Jipat Karangasem Paciran Lamongan, maka berhak mendapatkan piala tetap dan sertifikat penghargaan. Selamat dan sukses SMPM Jipat Karangasem.

Reporter: Efendy