Malam Resepsi Yadnya Kasada, Dandim Probolinggo Letkol Arm Heri Budiasto Dikukuhkan Sebagai Tamu Kehormatan

Listen to this article

PROBOLINGGO,lintasjatimnews.com – Sejumlah pejabat pemerintah dikukuhkan sebagai tamu kehormatan suku Tengger, pengukuhan itu dilakukan pada malam resepsi Yadnya Kasada di Pendapa Agung Desa Ngadisari Kecamatan Sukapura Kabupaten Probolinggo, Minggu malam (4/6).

Tokoh dan pejabat yang dikukuhkan sebagai warga kehormatan Suku Tengger pada malam resepsi Yadnya Kasada tahun 2023 ini salah satunya yakni komandan kodim (Dandim) 0820 Probolinggo Letkol Arm Heri Budiasto.

Dandim 0820/Probolinggo Letkol Arm Heri Budiasto menyampaikan bahwa pihaknya akan mendorong pemerintah untuk memberikan perhatian yang lebih komprehensif untuk kemajuan masyarakat Tengger.

Tentunya ini merupakan suatu hal yang luar biasa bagi kami dan menjadi tanggung jawab juga untuk ke depannya membawa adat budaya Tengger ini menjadi lebih baik lagi.

“Terima kasih kepada seluruh warga suku Tengger yang telah mengukuhkan saya sebagai warga kehormatan pada malam resepsi ini, ini salah suatu kehormatan bagi saya baik secara pribadi maupun organisasi,” kata Letkol Arm Heri Budiasto.

Prosesi pengukuhan itu ditandai dengan pemasangan selendang kuning yang diikat disamping yang dalam budaya atau adat suku Tengger memiliki artinya sebagai ikatan kekeluargaan yang kuat.

“Kami yang mendapatkan selempang warna kuning sesungguhnya akan menjadi bagian penguat dari berbagai kekuatan adat, kebiasaan, kearifan suku Tengger,”ujar Dandim 0820/Probolinggo Letkol Arm Heri Budiasto.

Perwira abituren tahun 2002 ini juga mengungkapkan bahwa kegiatan ritual Yadnya Kasada tahun 2023 ini merupakan bentuk kesiapan untuk beradaptasi dengan harapan seluruh aktivitas dapat berjalan normal kembali.

“Tradisi dan budaya khas Tengger ini harus dipertahankan karena ciri khas dan kearifan lokal seperti inilah yang menjadi salah satu daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke Gunung Bromo,”ungkapnya.

Sementara Supoyo salah satu tokoh suku Tengger menegaskan bahwa pengukuhan para tokoh sebagai warga kehormatan bertujuan melestarikan budaya dan tradisi Suku Tengger.

“Mereka yang dikukuhkan diharapkan ikut serta berperan aktif dalam memajukan budaya Suku Tengger sesuai bidangnya masing-masing,”tuturnya.

Reporter : rebudi