DISBUDPAR, Rayakan HUT ke-45 Tahun Taman Budaya Jawa Timur

Listen to this article

SURABAYA lintasjatimnews.com – DISBUDPAR Jatim lewat UPT Taman Budaya Jatim memfasilitasi pertunjukan Gelar Purnama merupakan kegiatan yang memiliki nilai praktis dan strategis dalam pelestarian serta pengembangan kesenian Reog dan Jaranan di Jawa Timur.

Dalam pergelaran Gelar Purnama mengusung tema “The Land of Reognesia” part 2, pertunjukan kali ini sangat special sekali karena bertepatan dengan perayaan HUT Taman Budaya Jawa Timur yang ke-45 tahun.

Kegiatan Gelar Purnama ini berlangsung pada hari Jumat (26/05/2023), pukul 20:00 WIB, di Panggung Terbuka Taman Budaya Jawa Timur Cak Durasim, Jl. Gentengkali 85 Surabaya. Serta dihadiri lebih dari 1.000 orang penonton dan undangan.

Dalam acara ini juga dihadiri oleh: Prof Sudikan dari UNESA, Dr. H. Rasiyo, M.Si selaku Budayawan, Dr. H. Jarianto, M.Si dari Widya Iswara BPSDM JATIM, Sinarto, S.Kar.,MM dari Analis Kebijakan Publik Jatim dan Ketua Pepadi Jatim, Pracihara selaku Kepala Sekolah SMKN 12 Surabaya, Setyo Yanuartuti selaku Kaprodi Tari UNESA, KORMI Jatim, Handoko Pilih selaku Budayawan.

Tamu undangan dari berbagai komunitas Seni dan Budaya di Surabaya, seperti: Kapribaden, Komunitas Rea Reo, Putro Romo, Komite Seni Budaya Nusantara, Sanggar Sekar Palupi, Punokawan Ismoyo Jati, Komunitas Tunggak Jati Nuswantoro, Reog Singo Joyo Taruno Sakti.

Pegelaran ini dibuka langsung oleh Dr. Hudiyono, MSi. Selaku Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur.

Dalam sambutan beliau tentang terlaksananya kegiatan GELAR PURNAMA bagi Provinsi Jawa Timur merupakan bukti peningkatan fungsi pelayanan masyarakat sebagai ruang penciptaan apresiasi seni dan khususnya proses berkarya bagi para seniman.

“Taman Budaya Jawa Timur selaku Unit Pelaksana Teknis yang menangani pergelaran kesenian di Jawa Timur, mencoba mengangkat kesenian Reog dengan tajuk Gelar Seni Purnama Reog Ponorogo,” Penjelasan Dr. Hudiyono, MSi. kepada awak media www.lintasjatimnews.com

Gelar Seni Purnama Reog Ponorogo merupakan program fasilitasi yang diselenggarakan oleh Taman Budaya Jawa Timur. Adapun sajian Reog yang ditampilkan lebih mendekati dalam bentuk Reog Festival yang dimainkan di atas panggung terbuka.

“Kegiatan ini sebagai upaya pemerintah untuk meningkatkan kualitas dan menyebarluaskan potensi seni budaya daerah sebagai penyangga kebudayaan Nasional dan lebih mempererat jaringan komunikasi Reog dan Jaranan terutama yang berada di kawasan Gerbang Kertasusila,” Tegasnya.

Kegiatan Gelar Purnama di UPT Taman Budaya Jawa Timur pada tahun 2023 melibatkan beberapa komunitas seni, seperti: Komunitas Purbaya, Komunitas Reog Singo Mangku Joyo, Komunitas Jaranan Aulio Utomo, Komunitas Junjung Drajat Sekar Tinandu.

“Harapan kami, dalam kegiatan ini untuk bisa meningkatkan Kreativitas, Inovasi dan Eksistensi para seniman Reog dan Jaranan di Jawa Timur, meningkatnya Apresiasi masyarakat terhadap kesenian Reog dan Jaranan, dan tercapainya pelestarian kesenian Reog dan Jaranan ditengah tantangan arus Modernisasi dan Globalisasi,” Imbuhnya.

Reporter (CakBAS)