Fondasi Utama, Pokmas PKK Sumbertaman Sosialiasi Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat

Listen to this article

PROBOLINGGO lintasjatimnews.com – Kelompok masyarakat (Pokmas) PKK Kelurahan Sumbertaman Kecamatan Wonoasih Kota Probolinggo kembali memprakarsai gelaran sosialisasi perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), Senin (8/5/23).

Bertempat di halaman Kantor Kelurahan Sumbertaman tampak hadir dalam kegiatan yang bersumber dari anggaran kelurahan tahun 2023 tersebut yakni Ketua DPRD Kota Probolinggo Abdul Mujib, Camat Wonoasih Deus Nawandi, sejumlah perwakilan masyarakat serta narasumber dari Dinas Kesehatan P2KB Kota Probolinggo.

Ketua DPRD Kota Probolinggo Abdul Mujib mengatakan bahwa pelaksanaan sosialiasi perilaku hidup bersih sehat ini merupakan salah satu upaya pemerintah daerah untuk meningkatkan sumberdaya manusia dalam rangka mewujudkan kesadaran.

“Pelaksanaan sosialiasi ini merupakan sebuah keterbukaan dari pemerintah terkait program yang ada, kepada peserta sosialisasi saya titip untuk menjadi penggerakan dan pelopor dalam penerapan PHBS,” kata Abdul Mujib.

Sekretaris Camat Wonoasih Nanang Hartono menyampaikan bahwa penerapan perilaku hidup bersih sehat merupakan pondasi utama dalam pelaksanaan tatanan kehidupan, mudah-mudahan pasca sosialisasi ini dapat menambah pengetahuan dan wawasan akan pentingnya penerapan perilaku hidup bersih dan sehat di lingkungan masing-masing.

“Kepada peserta sosialisasi kami berharap apa yang disampaikan olehnarasumber untuk disimak dengan baik serta disampaikan kepada warga yang lain sehingga ada output dari pelaksanaan sosialisasi ini,”kata Nanang Hartono.

Lurah Sumbertaman Mohamad Yusuf mengatakan sosialisasi perilaku hidup bersih dan sehat dilaksanakan oleh kelompok masyarakat PKK dengan anggaran berasal dari dana kelurahan tahun anggaran 2023.

“Sosialisasi ini menjadi salah satu kegiatan yang diusulkan dalam musrenbang, semoga dengan adanya sosialiasi PHBS ini masyarakat tergugah mengingat pemerintah daerah sudah banyak berbuat,” ujarnya.

Sementara Ketua Pokmas PKK Kelurahan Sumbertaman Mamik Siswandari berharap adanya sosialisasi ini tidak hanya sekadar meningkatkan kesadaran masyarakat tetapi ada aksi nyata sehingga termotivasi dalam menjaga lingkungan. “Dengan harapan derajat kesehatan masyarakat khusus warga Kelurahan Sumbertaman ikut meningkat,”pungkasnya.

Reporter : rebudi