Memasuki Tahun Politik Seharusnya Pemerintah Daerah Realisasikan APBD Lebih Awal

Listen to this article

PAMEKASAN lintasjatimnews.com – Tahun ini merupakan tahun politik, dimana tahapan pemilu sudah dimulai yang puncaknya pada awal tahun 2024 mendatang akan menyelenggarakan pemilihan umum legislatif dan Pilpres secara bersamaan. Kamis (30 April 23)

Fauzi LAM (Lingkar Aktivis Madura) Bidang Kajian Strategis Kebijakan Publik, mendorong agar tahun ini sebaiknya program Pemerintah Daerah direalisasikan lebih awal, karena tugas Legislatif dan eksekutif akan lebih berat dan padat. Legislatif akan disibukan dengan tugas kedinasan dan ditambah tugas kepartaian dalam menghadapi pemilu legislatif. Eksekutif juga akan disibukkan dengan tugas kedinasan perencanaan dan pendampingan realisasi program kegiatan.

Maka dari itu program fisik maupun non fisik agar segera dilrealisasikan lebih awal untuk menghindari menumpuknya program dan kegiatan dikahir tahun.

Selain itu,jika realisasi program APBD direalisasikan lebih awal, untuk tahun ini bersamaan dengan awal bulan suci romadhan yang itu akan sangat membantu dan berdampak positif terhadap perekonomian masyarakat arus bawah khususnya Masyarakat Kabupaten Pamekasan.

Misalnya program fisik yang dapat mendongkrak ekonomi masyarakat bawah, yaitu realisasi program fisik infra struktur yang akan banyak menyerap tenaga kerja dipedesaan maupun perkotaan.selain itu meningkatkan daya jual dan daya beli masyarakat sehingga akan mendongkrak terhadap perekonomian masyakat bawah.

“Program non fisik yakni program pendampingan dan bantuan sosial dari pemerintah daerah bagi warga miskin. Ada juga program dana Hibah daerah yang juga dapat berdampak terhadap ekonomi masyarakat bawah yakni menyerap banyak tenaga kerja. Ungkapnya

‘Oleh karena itu ditahun politik ini sebaiknya program kegiatan APBD direalisasikan lebih awal untuk menghindari kegiatan DPL (Dokumen Pelaksaan Lanjutan) yang cukup banyak. imbuhnya.

Reporter (Mukkaram)