Cegah Tawuran Antar Kelompok, Koramil 0801/01 Pacitan Laksanakan Apel Dan Patroli Gabungan

Listen to this article

PACITAN lintasjatimnews.com – Dalam rangka menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan masyarakat agar tetap aman dan kondusif, anggota Koramil 0801/01 Pacitan, Kodim 0801/Pacitan melaksanakan apel gabungan, bertempat di halaman kantor Desa Sirnoboyo, Kec. Pacitan Kab. Pacitan, Minggu (26/03/2023) Malam.

Sebanyak 30 personil gabungan, melibatkan TNI, Polri, Satpol PP, Linmas dan perangkat Desa Sirnoboyo mengikuti kegiatan apel dan patroli gabungan, untuk mengantisipasi terjadinya perselisihan antar kelompok ronda tek-tek (Rontek). Dimana Rontek yang semula sebagai ajang membangunkan orang sahur, kini disalahgunakan dan beraling fungsi menjadi ajang mengumpulkan massa untuk tawuran.

Sementara itu, Danramil 0801/01 Pacitan Kapten Kav Dadut Setiawan menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk bersama ikut menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah, hal itu untuk menunjang agar pelaksanaan ibadah di bulan suci ramadhan dapat berjalan tertib, aman dan lancar.

“Mari kita manfaatkan bulan suci ramadhan kali ini, untuk meningkatkan kualitas keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT. Hindari segala bentuk kekerasan dan permusuhan, hal tersebut akan merugikan kita sendiri”, kata Danramil saat dikonfirmasi awak media di lokasi.

Kemudian dirinya menyampaikan, bahwa secara umum wilayah Kab. Pacitan sampai saat ini relatif aman dan kondusif. Lalu ia juga berharap, Rontek benar-benar dimanfaatkan sebagai tradisi untuk gugah sahur dan tidak disalahgunakan menjadi aksi yang berdampak meresahkan masyarakat.

“Selama bulan suci ramadhan ini, kami akan terus rutin berpatroli terutama saat jam rawan seperti saat menjelang sahur, demi mewujudkan keamanan dan ketertiban di masyarakat, serta mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terjadi”, jelas Danramil.

Reporter priyo