Pengukuhan Forum Komunikasi PAUD SD Kecamatan Sugio

Listen to this article

LAMONGAN lintasjatimnews.com – Bertempat di aula SMPN 2 Sugio Kepala Sekolah PAUD SD , Penilik dan Pengawas Se Korwil Sugio menghadiri Pengukuhan Forum Komunikasi PAUD SD dan Sosialisasi Kesiapan Bersekolah.

Kepala Dinas Pendidikan , Ir Munif Syarif MM dampingi Korwil Sugio, Bunda Paud Kecamatan Sugio, ketua Forum Komunikasi PAUD SD Kabupaten Lamongan, dalam sambutannya mengatakan Usia emas bagi anak-anak kita antara 3 sampai dengan 8 tahun. Dimana pertumbuhan kecerdasan anak sangat tinggi sehingga PAUD dan SD harus sinergi dalam pembelajaran

“Setiap guru memiliki peran yang sama baik guru PAUD maupun guru SD,” ungkap Munif Syarif.

Sementara itu Korwil Sugio Drs H Madji Sahroni, M.Pd mengatakan setelah dikukuhkan segera bergerak dan harus bersinergi antara PAUD dan SD guna antisipasi PPDB TK dan SD.

Ketua Forum Komunikasi PAUD SD Kabupaten Lamongan, Drs Utomo MPd mengatakan harus ada sinergitas antara PAUD dan SD dimana di masa transisi. Pengalaman yang lalu sering saling menyalahkan.

Lanjut Utomo, SD menyalahkan TK dan TK menyalahkan SD, maka dari itu pemerintah dalam hal ini kemendikbud mengambil satu langkah terobosan baru, migrasi murid dari TK ke SD ini tidak ada gejolak yang berarti , harus berjalan berjalan dengan lembut.

“Anak TK kelas B sudah harus beraroma SD sementara itu SD kelas 1 masih beraroma TK kelas B,” ujar Utomo

Sementara itu ketua Forum Komunikasi PAUD SD Kec. Babat yang baru di kukuhkan , Drs. Sumadi setelah pengukuhan ini kita upayakan agar organisasi kita ini formal. Maka kita upayakan untuk membuat AD ART dulu sehingga kita memiliki pijakan dalam melangkah, menyusun program dan mem follow up semua kegiatan harus met , singkron, sejalan dengan aturan-aturan yang sudah diluncurkan dari dinas.

“Adapun untuk program yang spesifik terkait dengan PPDB dan kegiatan-kegiatan yang lain tentunya kita secepat mungkin harus kita sikapi dan harapan kami di tahun pelajaran tahun 2023 – 2024 ini semua lembaga pendidikan jumlah siswanya bisa maksimal,” ujar Drs. Sumadi yang juga menjadi Kepala Sekolah SD

Di tempat yang sama , Nurhadi, S.Pd.M.E Kepala SMPN 2 Sugio merasa senang dan bangga dengan adanya Forum Komunikasi PAUD SD ini.

Lanjutnya, kami bangga dengan adanya Forum baru ini, sehingga nanti antara guru TK dan SD akan bersinergi dengan baik, dan kami berharap nanti juga akan muncul Forum Komunikasi SD SMP sehingga siswa SD kelas 6 sudah mengenal SMP dan SMP kelas 7 masih ada sedikit aroma SD.

“Karena ini masa peralihan bagi anak anak dari SD ke SMP, sehingga anak anak SD tidak harus di tunggui oleh orang tuanya ketika sudah masuk menjadi siswa SMP kelas 7,” pungkasnya

Reporter Fathurrahim Syuhadi.