Dandim Kulon Progo Hadiri Nyadran Agung Tahun 2023

Listen to this article

KULON PROGO lintasjatimnews.com – Komandan Kodim 0731/Kulon Progo Letkol Inf Nurwaliyanto menghadiri Kirab dan Nyadran Agung Kabupaten Kulon Progo Tahun 2023, di Komplek Plengkung Geblek Alun-alun Wates, Rabu (15/03/23).

Acara diawali dengan Kirab Bregada Prajurit Agung Guna Jaya Kaliagung Sentolo, Gunungan Tumpeng, Gunungan Apem, Gunungan Hasil Bumi, Gunungan dari 12 Kapanewon, start di Halaman Gedung DPRD Kabupaten Kulon Progo finish di Alun-Alun Wates.

Sambutan Gubernur DIY dibacakan Drs. Aris Eko Nugroho, S.P., M.Si., antara lain menyampaikan, sesungguhnya Nyadran adalah Tradisi Islam Jawa yang intinya penghambaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, diajarkan oleh Walisongo. Walisongo melakukan dakwah dengan tetap menggunakan adat tradisi sehingga menarik masyarakat untuk masuk agama Islam.

Keislaman yang berbudaya adalah sangat dinamis. Saya menyambut baik diselenggarakannya Nyadran Agung di Kulon Progo. Nyadran Agung menjadi pencerahan batin yang kolaboratif, semoga Tuhan Yang Maha Esa selalu meridhoi kita semua.

Nyadran Agung diwarnai dengan merebutkan Gunungan Hasil Bumi dan Gunungan Apem oleh warga masyarakat untuk ngalap berkah, dilanjutkan pemotongan Tumpeng oleh Pj. Bupati Kulon Progo Drs. Tri Saktiyana, M.Si.

Hadir dalam acara tersebut Gubernur DIY diwakili Drs. Aris Eko Nugroho, S.P., M.Si., Pj. Bupati Kulon Progo, Ketua DPRD, Dandim 0731/Klp, Kapolres, Kajari, Ketua PN, Dan Satradar 215/Congot, Psh. Danyon Pelopor B Sat Brimobda DIY, Danpos AL Karangwuni, Sekda, Kepala Kemenag, Ketua Umum Bakor PKP, Kepala Instansi Vertikal, Kepala OPD, Panewu, Lurah, Perwakilan Toga, Tomas dan Ormas Kabupaten Kulon Progo.

Reoorter andi p