Sekber Wartawan Indonesia (SWI) dan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pasuruan Raya Bersatu

Listen to this article

PASURUAN lintasjatimnews.com – Sebagai penyambung aspirasi masyarakat, wartawan yang bertugas di Kabupaten pasuruan khususnya, tidak terkecuali yang tergabung dalam Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), agar dapat bersatu dengan sekber wartawan Indonesia (SWI) untuk menyukseskan pembangunan di daerah ini.

“Sampaikan informasi secara komprehensif, mencerdaskan, sehat, serta bisa menjadi “setawar sedingin” (menyejukkan) masyarakat. Jangan pesan-pesan sepotong-sepotong, yang bisa memprovokasi masyarakat, serta benar-benar harus sesuai kode etik jurnalistik,” harap ketua SWI pasuruan Raya Uswatun jamilah.

Hal itu disampaikan ketua SWI pasuruan raya ketika acara jalan sehat HPN ke 77 di perkantoran Raci kecamatan Bangil kabupaten Pasuruan Jawa Timur,sabtu (11/3/2023)

Acara gerak jalan HPN ke-77 tersebut langsung dipimpin sekretaris PWI Kabupaten pasuruan Iwan Dayat selaku ketua panitia yang sebagaian besar penyumbang dana dari PT. Sampurna tbk

Pada kesempatan tersebut, ketua SWI pasuruan raya mengapresiasi kegiatan jalan sehat ini dengan hadiah senilai ratusan juta rupiah,bersama pengurus dan anggota SWI lainnya,mewawancarai ketua PWI pasuruan Joko samudra tapi tidak mendapat tanggapan, tuturnya.

Dalam kesempatan disela-sela acara ketua PWI Kabupaten pasuruan ditanya tentang ketidak hadiran diacara pelantikan SWI DPD pasuruan raya di bangil pasuruan dia menjawab sangat sibuk.

“Kami sangat berharap PWI dan SWI di pasuruan bisa bersatu dalam segala kegiatan yang ada di pasuruan raya tersebut. Utamanya harap Uswatun jamilah, mewakili pengurus dan anggota organisasi wartawan “paling yunior” di Indonesia itu

Di bagian lain,uswatun jamilah mengatakan, selagi sesuai aturan, SWI terus berkomitmen dan akan mendukung sepenuhnya setiap upaya untuk meningkatkan kompetensi wartawan di daerah ini. Seperti UKW dan SKW yang akan dilaksanakan SWI Kabupaten pasuruan dalam waktu dekat.

Katanya, UKW dan SKW yang akan diselenggarakan SWI Kabupaten Pasuruan merupakan ujian kompetensi yang memang harus diikuti wartawan sebagaimana diamanatkan oleh Peraturan Dewan Pers Nomor 01/Peraturan-DP/X/2018 tentang Standar Kompetensi Wartawan.

“Kami menilai UKW dan SKW ini merupakan langkah positif agar kiprah pers di Kabupaten Pasuruan raya khususnya, dapat berjalan sesuai dengan peran dan fungsinya sebagaimana diamanatkan dalam UU No.40 Tahun 1999 tentang Pers.SWI tentu mendukung sepenuhnya,” ujarnya.

Reporter (ahmad)