Bathara Ganesha Bikin Goyang Kota Surabaya

Listen to this article

SURABAYA lintasjatimnews.com – UPT Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur kembali menggelar pertunjukan wayang kulit dengan lakon Ganesha Kalajaya oleh Dalang Ki Tantut Sutanto dari Kabupaten Malang.

Ganesha Kalajaya menceritakan tentang Bathara Ganesha atau disebut pula dengan nama Bathara Gana, ia adalah dewa ilmu pengetahuan yang berwujud raksasa berkepala gajah. Bathara Ganesha dapat menyelesaikan kemelut yang melanda suralaya, selanjutnya atas keberhasilannya Bathara Ganesha diberi anugrah membagikan ilmu pengetahuan kepada umat di Tribuana.

Pagelaran ini terlaksana pada hari Sabtu,11/03/2023, pukul 20:00 wib, di Pendopo Jayengrana Cak Durasim Jl. Gentengkali 85 Surabaya. Dengan dihadiri lebih dari 300 penonton dari para pelaku kesenian dan masyarakat sekitar.

Pertunjukan wayang kulit kali ini sudah mulai banyak diminati oleh para kawula muda, dengan kehadiran 35% dari kalangan kaum Millenial.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur Pembina Utama Muda Dr. Hudiyono., M.Si. Mengatakan, “kami ingin budaya tradisional wayang kulit bisa tetap terjaga kelestariannya sebagai jati diri bangsa yang luhur”.

“Kami selalu support dan dukung semua kegiatan kesenian dan kebudayaan yang berada di Jawa Timur, khususnya kota Surabaya sebagai barometer kegiatan seni dan budaya”, tegas Hudiyono dalam suasana ramah tamah bersama lintasjatimnew.com

Dalam acara ini hadir juga perwakilan dari komunitas Tunggak Jati Nuswantoro Syaifudin selaku Sekjen TJN.

“Alhamdulilah kesenian tradisional kita sudah mulai banyak digemari oleh para generasi muda, dilihat dari kehadiran penonton pagelaran wayang kulit kali ini banyak juga yang dari kaum Millenial”, tutur Syaifudin.

Kami berharap kesenian tradisional kita bisa diakui oleh dunia sebagai Kekayaan Kebudayaan Bangsa Indonesia secara Internasional.

Reporter (CakBAS)