Jaga Kesehatan Jantung, Kodim 0801/Pacitan Olah Raga Bersama Lari Pagi

Listen to this article

PACITAN lintasjatimnews.com – Sebagai upaya untuk menjaga kesehatan tubuh agar tetap bugar, di tengah-tengah kesibukan aktifitas sehari-hari, melakukan olah raga merupakan salah satu solusi terbaik untuk tetap sehat.

Dengan penuh semangat dan kekompakan, pagi ini para personil baik TNI maupun PNS Kodim 0801/Pacitan, melaksanakan olah raga bersama lari pagi sejauh 5 km, berkeliling seputaran Kota Pacitan.

Kegiatan olah raga bersama lari tersebut, diawali dengan apel pengecekan oleh Pasi Intel Kodim 0801/Pacitan Kapten Arm Abdul Radzak, dilanjutkan melaksanakan senam peregangan dan pemanasan untuk menghindari kram otot, bertempat di depan Aula Kopral Sigit Makodim 0801/Pacitan, Jl. Letjen Suprapto No. 42 Pacitan, Selasa (07/03/2023).

Dalam pengarahannya Pasi Intel Kodim 0801/Pacitan memberikan penekanan kepada para prajurit, terkait pemilu tahun 2024, untuk tetap menjaga netralitas TNI dan tidak terlibat dalam politik praktis dalam setiap pelaksanaan tugas.

“Saya berharap kepada seluruh personil agar selalu berhati-hati dalam setiap tindakan dalam menghadapi pemilu 2024. Pegang teguh netralitas TNI, dengan tidak memihak dan memberikan dukungan dalam bentuk apapun kepada salah satu kontestan pemilu”, tegas Pasi Intel.

Sementara itu, dalam pengarahannya usai pelaksanan lari, Komandan Kodim 0801/Pacitan Letkol Inf Roliyanto S.I.P.,M.I.P, menyampaikan bahwa kegiatan olah raga secara rutin sangat baik untuk menjaga kebugaran tubuh serta menjaga jantung agar tetap sehat.

“Pada saat berlari, detak jantung kita akan meningkat, sehingga hal itu secara otomatis bisa melatih kekuatan otot jantung untuk mempompa darah dengan lebih baik. Bila fungsi jantung terjaga dan aliran darah lancar, risiko kalian terkena serangan penyakit jantung dan stroke akan menjadi lebih kecil.”, kata Dandim kepada para personil.

Kemudian, beliau juga menjelaskan selain olahraga yang rutin memang baik untuk kesehatan tulang, paparan sinar matahari saat lari pagi juga membuat penyerapan kalsium oleh tubuh akan lebih optimal. Dengan begitu, kekuatan tulang akan terjaga dan terhindar dari osteoporosis di usia lanjut.

“Kita mengawali hari dengan lari pagi bisa menjaga stamina tetap prima sepanjang hari. Bahkan, lari pagi juga dapat meningkatkan konsentrasi selama beraktivitas sehari-hari, sehingga semua tugas dapat diselesaikan dengan efektif dan lebih produktif”, tutur Dandim.

Reporter priyo