Ruwatan Desa Anggaswangi Hadirkan Ludruk Karya Baru dari Mojokerto

Listen to this article

SIDOARJO lintasjatimnews.com – Dalam suasana yang sangat cerah serta bertepatan pada bulan ruwah, pemerintah Desa Anggaswangi Kecamatan Sukodono beserta seluruh warganya menggelar acara ruwah desa hari Sabtu Malam hingga Minggu pagi, (05/03/2023)

Acara yang dirangkai secara sedemikian rupa itu, bertujuan supaya bisa dinikmati oleh para warga sekitar maupun warga luar Desa Anggaswangi Kecamatan Sukodono.

Kegiatan ini bertempat di Balai Keramat Desa Anggaswangi, yaitu tepatnya di punden Mbah Wali Mbah Mukhrim serta Mbah Sonto, sebelum acara ludrukan dimulai, ada Tumpengan Polo Pendem serta aneka jajan pasar untuk diperebutkan warna, yang mana hal ini sudah menjadi tradisi turun-temurun di desa.

Acara puncak nya yaitu pagelaran ludruk karya baru dari Mojokerto, sebelum nya juga ditampilkan tarian Remo, Lawakan, Tari Ular, dan sebagainya.

Turut hadir tiga pilar keamanan antara lain, unsur kepolisian dari Polsek Sukodono, Koramil, Satpol PP, serta segenap tamu undangan ,turut hadir juga tentunya kepala desa serta perangkat Desa Anggaswangi Kecamatan Sukodono.

Acara sendiri berlangsung sangat meriah serta kondusif. Setelah dua tahun terhenti akibat pagebluk Covid-19, Ruwah Desa terakhir dilaksanakan pada 2019. Sehingga membuat warga kangen dengan tradisi tersebut, tak heran mereka berbondong-bondong datang ke tempat acara.

Terlihat warga sejak sore sudah memadati halaman Punden Anggaswangi untuk menikmati puncak Ruwah Desa, yaitu pagelaran ludruk Karya Baru dari Mojokerto. Para warga tidak beranjak dari tempat tontonan sampai dini hari.

“Saya datang sejak sore tadi pak untuk menikmati serta meramaikan acara puncak Ruwah Desa ini” ujar Bapak Budi salah satu pengunjung yang datang jauh jauh dari rumahnya di Sepanjang

“Alhamdulillah acara Ruwah Desa ini berjalan lancar serta di dukung dengan cuaca yang sangat cerah. Amien, ini berkat do’a semua warga Desa Anggaswangi ini,” ujar Kusairi Kepala Desa Anggaswangi yang terlihat sangat sibuk pada acara tersebut

Reporter Budi