Launching lumbung pangan Desa gapuro sukolilo, Gus yani sebut sebagai program potensial

Listen to this article

GRESIK lintasjatimnews.com – Untuk mewujudkan ketahanan pangan kabupaten gresik, Bupati gresik Fandi akhmad yani meluncurkan lumbung pangan gapuro sukolilo, Bupati percaya bahwa adanya lumbung pangan ini dapat menjadi wadah yang berpotensi mesejahterakan masyarakat sekitarnya.selasa 14/2/2023.

“lumbung pangan ini sangat bagus,karena berpotensi memberikan manfaat bagi masyarakat terkait kesejahteraanya,nantinya juga keterlibatan UMKM sekitar, sehingga ada timbal balik dan kolaborasi saling menguntungkan” Ujar bupati.

Perlu di ketahui, lumbung pangan adalah tempat penyimpanan stok bahan pangan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Ini berguna saat terjadi kekurangan bahan pangan khususnya saat terjadi bencana alam, sehingngga lumbung pangan ini sebagai simbol kedaulatan dan kekuatan pangan desa, dalam rangka mendukung ketahanan pangan indonesia.

Lebih lanjut, Gus yani mengatakan, lumbung pangan dapat mengatasi solusi menurunkan angka kemiskinan saat ini. Gus yani juga menuturkan, hal ini sejalan dengan program internasional Sustainable Development Goals (SDGs) yang salah satu tujuanya untuk mengahiri kemiskinan.

“Ini merupakan amanah dari SDGs program desa. Yang penting kepala Desa faham betul tentang SDGs desa. Sehingga ketika lumbung pangan ini sudah punya pendapatan mandiri maka bisa membantu masyarakat dengan leluasa” Ucapnya.

Hasan Hasyim Alhabsyi selaku kepala Desa Gapuro sukolilo mengatakan, lumbung pangan bersama Bumdes akan melaksanakan kegiatan ketahanan pangan desa. Diantaranya, mewujudkan kebutuhan distribusi pangan untuk warga, pengembangan bumdes di bidang pangan nabati dan hewani,serta kerjasama dengan lumbung pangan provinsi.

Dia juga mengatakan, lumbung pangan bukan hanya memberikan solusi untuk masalah kelaparan, tetapi juga berperan penting dalam menjaga kesetabilan pasokan pangan dan pertanian” pungkasnya.

Reporter :Budi Hariyanto