KPU Lamongan Gelar Tes Tulis Calon PPS di Enam Tempat

Listen to this article

LAMONGAN lintasjatimnews Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Lamongan menggelar seleksi tertulis Calon Anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk Pemilu Tahun 2024.

Tes PPS yang dilaksanakan secara serentak pada hari Senin 9 Januari 2023 diikuti 3.885 peserta yang merebutkan 1.422 slot, terbagi tiga orang per desa. Sebelumnya, ara pendaftar lain sudah dinyatakan gugur karena tidak memenuhi persyaratan administrasi.

“Hari ini pelaksanaan tes tulis merupakan tes tahap pertama. Setelah itu ada wawancara. Tapi dalam jeda waktu antara 9-23 Januari ada tanggapan masyarakat,” kata anggota KPU Lamongan Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM Khoirul Anam.

Selama jeda waktu ada tanggapan atau aduan masyarakat bahwa calon PPS ditengarai bermasalah, tentu akan diproses sesuai aturan berlaku. “Jika ditemukan bukti, otomatis akan digugurkan,” sambung Anam.

Pelaksanaan tes seleksi PPS terbagi di enam tempat yaitu Lamongan, Sambeng, Bluluk, Babat, Paciran, dan Sekaran.

Peserta tes, tentu yang berdomisili di sekitar kecamatan tersebut.

Perwakilan penyelenggara dari KPU sekaligus sebagai pengawas pelaksanaan tes adalah PPK yang sebelumnya terpilih di wilayah tersebut.

Reporter : RIED