Sukseskan Pemilu 2024, KPU Sidoarjo Jalin Sinergi dengan Para Awak Media

Listen to this article

SIDORAJO lintasjatimnews – Dalam rangka meningkatkan partisipasi masyarakat dalam penyelenggaraan Pemilu serentak 2024, KPU Sidoarjo melaksanakan kegiatan sosialisasi tahapan Pemilu serentak 2024 bagi wartawan/ jurnalis.

Kegiatan yang bisa disebut ngopi bareng tersebut, bertema: “Sinergi KPU dan Media dalam Mensukseskan Pemilu serentak 2024”. Kegiatan ini bertempat di kantor KPU Sidoarjo, Jalan.Raya Cemengkalang No 1, Jum’at (25/11/2022).

Tampak hadir M.Iskak (ketua KPU Sidoarjo); Habib M. Rohan dari divisi PS2P KPID Jawa Timur; beberapa komisioner KPU,dan tentunya puluhan awak media,baik dari media cetak, TV,radio, maupun media online. Kegiatan berlangsung interaktif disertai sesi tanya jawab,antara narasumber Habib M.Rohan dengan para awak media. Kegiatan dimulai pukul 09.00-11.00.

M. Iskak mengatakan,jika dirinya berharap dalam pesta demokrasi yang akan berlangsung sebentar lagi (2024) awak media supaya bisa berkontribusi lewat pemberitaan yang akurat dan dapat dipertanggungjawabkan, agar semua masyarakat bisa mengetahui dengan jelas seluruh tahapan Pemilu. ” Tanpa ada peran Pers kegiatan demokrasi tidak bisa sukses,” terangnya.

Untuk membangun Pemilu yang sehat,ia juga berharap peran media menangkal berita hoax yang sangat meresahkan. Ia juga mengingatkan,jika politik uang sangat dilarang,yang memberikan dan menerima akan mendapat ancaman pidana.

Sementara Habib M. Rohan dalam sambutannya mengatakan,jika partisipasi masyarakat untuk memilih merupakan hak, kalau wajib ada sangsinya. ” Hati hati melihat informasi yang beredar, untuk setiap pemberitaan harus kroscek terlebih dahulu.”

Dalam kesempatan tersebut ia berharap agar rekan rekan media bisa tergabung di dewan pers,agar kalau ada kesalahan ada hak jawabnya. “Peran media menjaga marwah lembaga penyelenggara Pemilu. Tanpa media , akan adem ayem. Seperti tidak ada Pemilu,” paparnya

Reporter Budi