Babinsa Bugel Laksanakan Pemberantasan Sarang Nyamuk -
Babinsa Bugel Laksanakan Pemberantasan Sarang Nyamuk

Babinsa Bugel Laksanakan Pemberantasan Sarang Nyamuk

KULON PROGO lintasjatimnews – Untuk mewaspadai dan mengantisipasi serangan penyakit DBD, masyarakat perlu menjaga kebersihan lingkungan di dalam maupun di luar rumah. Salah satu bentuk kegiatan yang efektif untuk tujuan tersebut adalah Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN).

Serka Wahyudi Babinsa Kalurahan Bugel Koramil 10/Panjatan Kodim 0731/Kulon Progo bersama Bhabinkamtibmas mendampingi petugas dari Puskesmas Panjatan II dalam kegiatan Monev pemberantasan sarang nyamuk (PSN) DBD di wilayah Kalurahan Bugel. 24/11/2022

Puskesmas Panjatan II berupaya melakukan kegiatan pengendalian DBD dengan Koordinasi lintas program dan lintas sector. Agenda monev PSN DBD kali ini dimulai dari penjelasan tehnis kegiatan Monev PSN DBD, koordinasi pembagian kelompok dan kunjungan ke lokasi untuk pemeriksaan jentik nyamuk.
Pada kesempatan tersebut Serka Wahyudi juga mengajak warga agar peduli terhadap lingkungan terutama kepedulian untuk mengantisipasi penyebaran penyakit DBD yang disebabkan oleh nyamuk. “Kami himbau agar warga peduli lingkungan.”

Babinsa mengatakan pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) bisa dilakukan dengan cara 3M yakni menguras, menutup, dan mengubur barang-barang yang tidak diperlukan. Sebab, barang-barang yang tidak terpakai ini berpotensi menjadi sarang nyamuk penyebab demam berdarah.

“Selain itu, tindakan untuk antisipasi penyebaran DBD dapat dilakukan dengan cara pemberantasan sarang nyamuk melalui bersih-bersih lingkungan dan pemberian abate di bak air maupun tempat penampungan air lainnya, ”ujar Babinsa

Tergabung dalam kegiatan antara lain tenaga kesehatan Puskesmas Panjatan II, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Pamong Kalurahan Bugel dan Kader Kesehatan Kalurahan Bugel.

Reporter: EKO

Spread the love