Dukung Percepatan Migrasi TV Digital, Pens Hibahkan Set Top Box

Listen to this article

KEDIRI lintasjatimnews – Prodi Teknik Mekatronika, Departemen Teknik Mekanika Energi Politeknik Elektronika Negeri Surabaya menyerahkan hibah Set Top Box (STB) kepada 10 keluarga kurang mampu di daerah Desa Tambak Rejo, Kecamatan Gurah, Kabupaten Kediri dalam giat Pengabdian Masyarakat pada Kamis 17 Nopember 2022.

Dinas Kominfo Kabupaten Kediri yang dihubungi terpisah menyampaikan dukungannya pada kegiatan ini. “Bahkan Kementerian menargetkan perpindahan siaran televisi analog, beralih ke siaran digital dapat diselesaikan tepat pada tanggal 2 November 2022. Sementara kami di daerah telah memulai sosialisasi sejak Maret 2022 lalu melalui beberapa kegiatan sosialisasi,” kata Hadi, staff Dinas Kominfo Kabupaten Kediri.

Dinas pun memberikan apresiasi atas kegiatan ini mengingat dukungan seluruh lapisan masyarakat dan peran perguruan tinggi sangat dibutuhkan dalam proses ASO atau Analog Switch Off, yang merupakan migrasi penyiaran televisi terestrial dari teknologi analog ke teknologi digital.
Menurut Eko Budi Utomo, S.ST, MT., Ketua Program Pengabdian Masyarakat,

Sosialisasi yang dilakukan oleh Dinas Kominfo Kabupaten Kediri memang masih belum dapat menjangkau sampai ke beberapa daerah pelosok. “Dalam kesempatan ini kami ingin membantu mengenalkan teknologi digital kepada masyarakat desa, dengan melibatkan adik-adik mahasiswa untuk melakukan edukasi mengenai televisi digital. Harapan kami dengan adanya kegiatan ini, kami dapat mendekatkan teknologi maupun inovasi pada masyarakat desa,” katanya.

Pada giat ini turut diserahkan 10 unit STB kepada keluarga kurang mampu di daerah Desa Tambak Rejo, Kediri, yang diterima langsung oleh warga didampingi oleh Kepala Desa, Mahfud Fauzi. Tak hanya itu, juga dilakukan demo serta instalasi ke beberapa perwakilan warga penerima STB

“Televisi memang menjadi pilihan hiburan bagi warga desa Tambak Rejo. Selain itu banyak informasi dan berita-berita penting yang bisa dilihat di TV. Jadi saat ada berita tentang program pemerintah untuk pengalihan ke siaran TV digital, saya terpikir kondisi warga saya yang sebagian besar petani ini apakah bisa paham dengan perubahan ini. Itu kenapa saya, mewakili warga menyampaikan terima kasih atas pemberian hibah STB pada warga di sini, khususnya yang kurang mampu, termasuk juga tadi diberikan penjelasan serta edukasi teknologi ini,” terang Mahfud.

Mahfud pun menambahkan jika sebelumnya warga telah didata oleh pemerintah. Namun realisasinya masih belum bisa dipastikan kapan. “Saya yakin ke depan semua warga akan turut menikmati TV digital. Hanya karena wilayah daerah kami sangat luas, saya berharap semoga segera direalisasikan,“ imbuhnya.

Set Top Box, atau STB merupakan sebuah perangkat yang berfungsi untuk mengkonverso signal digital menjadi gambar dan suara untuk ditampilkan di televisi analog maupun tabung. Sebagai konverter, penggunaan STB tetap membutuhkan antena UHF agar siaran digital dapat ditangkap dengan baik dan gambar yang jelas.

Reporter Rofara