Dandim 0732/Sleman Buka Kegiatan Katpuan Apkowil Tersebar TA 2022

Listen to this article

SLEMAN lintasjatimnews – Kegiatan peningkatan kemampuan Apkowil Tersebar yang dilaksanakan di Makodim 0732/Sleman merupakan pembinaan teritorial TNI – AD agar para Babinsa dapat melaksanakan pembinaan teritorial diwilayah yang disesuaikan dengan dinamika yang berkembang saat ini.

Hal itu itu disampaikan Dandim 0732/Sleman Letkol Arm Danny A.P Girsang S.Sos.,M Han dalam sambutannya pada kegiatan Katpuan Apkowil Tersebar tahun 2022 yang mengambil tema ” Melalui Kegiatan Peningkatan Kemampuan Apkowil Tersebar Kita Tingkatkan Profesionalisme Apkowil Dalam Mengimplementasikan Kegiatan Pembinaan Teritorial Untuk Membantu Pemerintah Daerah Dalam Meningkatkan Ekonomi Kerakyatan Di Wilayah”

Kegiatan yang terlaksana di Aula Makodim Sleman, Rabu (17/11/2022).

Ditambahkan Dandim, tugas pokok TNI dilaksanakan melalui Operasi Militer Untuk Perang (OMP) dan Operasi Militer Selain Perang (OMSP) dan salah satu kegiatan OMSP itu dilaksanakan melalui pembinaan teritorial yang pelaksanaannya menjadi tanggung jawab satuan komando kewilayahan.

”Aparat Komando kewilayahan dalam melaksanakan Binter dituntut mempunyai kemampuan yang baik guna meraih kepercayaan masyarakat,”ujar perwira berpangkat melati dua tersebut.

Dandim juga berujar, agar kegiatan ini berjalan dengan sesuai para Babinsa diharapkan meningkatkan pemahaman dan kemampuan Apkowil dalam mengaplikasikan pembinaan teritorial pada pelaksanaan tugas pemulihan ekonomi masyarakat. Serta meningkatnya kemampuan Apkowil dalam menyikapi potensi ancaman di wilayah dan kemampuan Apkowil tentang menjaga kondusifitas wilayah.

Lanjutnya kemudian, terus tingkatkan kemampuan Apkowil dalam mendeteksi dan melakukan langkah preventif terhadap kemungkinan ancaman di wilayah dan meningkatnya kemampuan Apkowil dalam melakukan prosedur hubungan komunikasi antar instansi guna menjamin pencapaian tujuan dan sasaran Binter.

“Harapan lain, dengan kegiatan ini para Babinsa dapat meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan kemampuan dalam melaksanakan Binter di wilayah binaan yang dihadapkan dengan perubahan dan dinamika di wilayah guna mewujudkan keutuhan wilayah pertahanan aspek darat yang tangguh,”tandas Dandim.

Pada kegiatan Katpuan Apkowil Tersebar kali ini diikuti Danramil dan Babinsa jajaran Kodim 0732/Sleman, para peserta juga mendapatkan beberapa materi, diantaranya, Metode Binter Oleh Kapten Inf Sujana, Materi Medsos dan Hoaks oleh Danramil 05/Sleman Kapten Inf Suparyono, Materi Netralitas TNI oleh Kasdim Mayor Arm Ronang Sasiarto, serta Ekonomi kerakyatan dan pengetahuan UMKM oleh Ibu Dwi Wulandari dan Bapak Dimas Ardiansyah dari Dinperindagkop Sleman.

Reporter: EKO