Tingkatkan Profesionalisme Prajurit, Dandim 0801/Pacitan Ikuti Tes Kesegaran Jasmani

Listen to this article

PACITAN lintasjatimnews – Sebagai seorang prajurit TNI AD, senantiasa harus memiliki kesehatan yang prima serta kemampuan fisik yang kuat, sehingga semua tugas yang diemban dapat tercapai sesuai yang diharapkan.

Untuk meningkatkan kemampuan fisik, Komandan Kodim 0801/Pacitan Letkol Kav Ibnu Khazim S.I.P., mengikuti tes Garjas Periodik Semester II TA. 2022, yang diselenggarakan oleh Korem 081/Dsj, bertempat di Stadion Wilis Kota Madiun, Rabu (02/11/2022).

Tes Garjas Periodik Semester II merupakan program dari komando atas, yang bertujuan untuk mengecek sampai dimana kemampuan fisik para prajurit TNI AD, sehingga dapat menunjang tugas pokok kedepannya secara profesional.

Pelaksanaan Tes Garjas Periodik Semester II TA 2022 ini meliputi tes kesegaran “A” yaitu melaksanakan lari dengan waktu 12 menit dan tes kesegaran “B” meliputi gerakan Pull Up, Sit Up, Push Up dan Lunghes durasi waktu 1 menit serta Shuttle Run.Selain pelaksanaan Garjas A dan B, juga dilaksanakan tes ketangkasan berupa renang gaya dada jarak 50 meter.

Sebelum melaksanakan tes Garjas, seluruh peserta melaksanakan pengecekan kesehatan oleh tim kesehatan, dengan melakukan pengukuran tensi dan denyut nadi, untuk memastikan bahwa para peserta siap melakukan tes Garjas.

Setelah semua tahapan selesai, para peserta melakukan pengisian blangko yang dilanjutkan melaksanakan peregangan, serta pemanasan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, pada saat pelaksanaan tes Garjas.

Tim kesehatan juga menyiapkan dukungan kendaraan ambulance untuk antisipasi dan evakuasi bila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, guna memberikan pertolongan pertama serta mempermudah jalannya evakuasi bila sewaktu-waktu diperlukan.

Pada pelaksanaan tes Garjas tersebut diawasi langsung oleh tim Jasmani Korem 081/DSJ Madiun, yang dipimpin oleh Kapten Chb Ali Supangat selaku Perwira Jasmani Korem 081/DSJ Madiun.
 
Saat memberi pengarahan, Pajasrem 081/DSJ Madiun Kapten Chb Ali Supangat mengatakan bahwa, pelaksanaan Garjas Periodik semester lI bertujuan untuk mengukur kemampuan Prajurit di Khususnya di satuan jajaran Korem 081/Dsj.

“Laksanakan kegiatan tes Garjas dengan semangat, namun tetap perhatikan faktor keamanan.Apabila masih ada nilai yang kurang, nantinya akan kami jadikan bahan evaluasi dan melakukan pembinaan personil secara bertahap, bertingkat dan berlanjut kedepannya”, tutur Pajasrem 081/DSJ Madiun saat memberi arahan kepada peserta.

Hal senada juga diungkapkan oleh Komandan Kodim 0801/Pacitan, bahwa pelaksanaan tes Garjas tersebut selain untuk persyaratan usul kenaikan pangkat, juga bertujuan untuk meningkatkan kemampuan Prajurit secara profesional.

“Saya berharap pelaksanaan tes Garjas dapat dilaksanakan dengan penuh semangat, sehingga memperoleh hasil yang maksimal, dengan tetap mengutamakan faktor keamanan.Ikuti semua yang di instruksikan tim penguji agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan”, tutur Dandim usai melaksanakan tes Garjas.

Reporter priyo