Alas Purwo Antara Keindahan dan Kemistisannya

Dengarkan beritanya .

BANYUWANGI lintasjatimnews – Taman Nasional Alas Purwo ada di Kecamatan Purwoharjo dan Kecamatan Tegaldlimo Kabupaten Banyuwangi.

Taman Nasional Alas Purwo terkenal akan keindahannya. Hal itu tentu saja karena di hutan ini menyimpan lebih dari 500 jenis tumbuhan dan ratusan jenis hewan liar yang hidup secara bebas.

Taman Nasional Alas Purwo juga merupakan salah satu tujuan wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Mereka tertarik melihat keanekaragaman flora dan fauna di tempat ini. Meski Taman Nasional Alas Purwo mempunyai keindahan alam yang mempesona, namun tempat dipercaya oleh masyarakat sebagai salah satu tempat angker dan mistis.

Alas Purwo terkenal sebagai kerajaan makhluk halus yang sangat besar. Beragam makhluk halus dan jin konon mendiami tempat ini.

Bahkan tempat ini dipercaya sebagai lokasi berkumpulnya para makhluk halus di Pulau Jawa.

Mitos ini sudah terkenal sejak zaman penjajahan Belanda. Pada masa penjajahan bahkan dipercaya tak ada satu orang pun yang bisa pulang dengan selamat saat memasuki Alas Purwo.

Bahkan manusia yang meninggal di tempat ini juga tidak pernah ditemukan jasadnya. Yang lebih mengerikan dari Alas Purwo adalah konon di hutan dengan luas sekitar 434 KM persegi ini dijadikan sebagai tempat bersemedi.

Selain itu juga sebagai tempat pesugihan orang yang ingin meminta berkah atau kekayaan kepada para penunggu hutan.

Salah satu tempat yang paling sering didatangi adalah Goa Istana dan sebuah makam sepanjang 7 meter yang disebut makam Mbah Dowo.

Menurut cerita masyarakat sekitar, Goa Istana ini juga pernah dikunjungi oleh Presiden pertama Indonesia yaitu Soekarno.

Cerita yang berkembang di masyarakat, Bung Karno pernah bertemu penguasa pantai selatan Nyi Rodo Kidul di tempat ini.

Reporter Belly Sabara