Festifal Iraw Tengkayu di Tarakan -
Festifal Iraw Tengkayu di Tarakan

Festifal Iraw Tengkayu di Tarakan

TARAKAN lintasjatimnews – Festival Iraw Tengkayu saat ini sudah masuk dalam 100 event kalender secara nasional.

Namun Pemkot Tarakan menargetkan Festival Iraw Tengkayu bisa masuk kategori Top Ten 10 Event Kalender Nasional Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Untuk itu, direncanakan Festival Iraw Tengkayu akan digelar setiap tahun.

Wali Kota Tarakan dr. Khairul, M.kes mengatakan, kedepannya pihaknya sudah merencanakan agar gelaran Festival Iraw Tengkayu bisa dilakukan dengan kemasan yang lebih kolosal.

“Mungkin pesertanya tidak hanya dari kita di Tarakan, minimal seluruh Borneo yang terdiri dari Sabah, Serawak, Brunei dan termasuk Kaltim, Kalsel, Kalteng dan Kalbar,” ungkapnya.

Khairul berharap rencana itu bisa terwujud sehingga ke depannya Festival Iraw Tengkayu bisa berlangsung lebih meriah lagi.

Bahkan ia ingin menambah adanya expo selain pekan budaya. Dengan adanya expo maka bisa melibatkan negara tetangga yaitu Malaysia dan Brunei Darussalam.

“Mudah-mudahan kondisi (Covid-19) semakin membaik dan kita di sini mempersiapkan lebih baik lagi dengan kemasan yang lebih baik lagi,” ucapnya.

Bahkan apabila event yang digelar secara meriah, dapat meningkatkan ekonomi kreatif dan UMKM.

Hal tersebut pun sudah mulai dilakukan pihaknya.

Bahkan pada gelaran Festival Iraw Tengkayu XI, pihaknya sudah melibatkan para UMKM lokal.

“Memang kalau kita lihat di Tarakan, 67 persen ekonomi ditopang oleh UMKM. Sehingga harus menjadi perhatian kita, makanya gelaran tahun depan UMKM bisa bergerak seperti sekarang dan terus kita kembangkan,” ujarnya.

Reporter Belly Sabara

Spread the love