Cegah Tindak Kejahatan, Babinsa Koramil 0801/07 Ngadirojo Komsos Dengan Pemerintah Desa

Listen to this article

PACITAN lintasjatimnews – Situasi yang berkembang saat ini, banyak sekali kejadian yang menonjol terkait kasus kejahatan maupun kriminalitas di sejumlah wilayah Indonesia.Beberapa tindak kriminal terpaksa dilakukan, karena adanya tuntutan ekonomi dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Pemerintah harus melibatkan peran serta masyarakat, dalam menekan tindak kejahatan di wilayah masing-masing. Masyarakat juga harus memiliki kesadaran sebagai wujud tanggung jawab, dalam menciptakan keamanan di wilayahnya.

Peran Babinsa dan Bhabinkamtibmas sebagai aparat keamanan di wilayah sangat penting. Dengan aktif melakukan komunikasi sosial dengan warga dan pemerintah Desa, akan terjalin kebersamaan yang harmonis, sehingga dapat mengurangi tindak kejahatan maupun kriminalitas di wilayah binaannya.

Untuk mencegah terjadinya tindak kejahatan dan kriminalitas di wilayahnya, Serda Sukri Babinsa Koramil 0801/07 Ngadirojo Kodim 0801/Pacitan, melaksanakan komunikasi sosial dengan aparat pemerintahan Desa yang berada di Desa Wonokarto Kec. Ngadirojo Kab.Pacitan, Kamis (28/7/2022).

Dalam kunjungannya ke kantor Desa, Babinsa mengatakan bahwa, dengan adanya beberapa kasus tindak kejahatan yang ada saat sekarang ini, Babinsa dan Bhabinkamtibmas setiap saat harus hadir di tengah-tengah masyarakat.Sebagai langkah awal untuk mengantisipasi perkembangan situasi yang menonjol, terkait keamanan wilayahnya.

“Kami menghimbau kepada masyarakat agar tetap waspada dan selalu berhati-hati dalam setiap kegiatan apapun.Sehingga kita terhindar dari tindak kejahatan maupun kriminalitas, yang dilakukan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab”, kata Babinsa.

“peran siskampling juga harus digalakkan, sebagai upaya deteksi dini dan cegah dini terkait tindak kejahatan”, Ungkap Babinsa.

“Apabila terjadi tindak kejahatan maupun kriminalitas di wilayah jangan main hakim sendiri. Laporkan kepada pihak yang berwajib serta berkoordinasi dengan Babinsa dan pemerintah Desa”, Tutur Babinsa.

Reporter priyo