Para Atlet Petanque Nasionalpun ikut Bertanding

Listen to this article

SURABAYA lintasjatimnews – Ratusan atlet dari beberapa provinsi yang ada di Indonesia dan Malaysiapun meramaikan kejuaraan “Petanque Tingkat Nasional 2022” bertempat di Universitas Negeri Surabaya (Unesa), pada 15-17 Juli 2022

Keseluruhan peserta Atlet yang ikut Petanque, berlomba pada nomor shooting putra sebanyak (48 team), shooting putri (33 team), single putra (91 team), single putri (54 team), double putra (97 team), dan double putri sebanyak (62 team).

Povinsi atau Federasi Olahraga Petanque Indonesia (FOPI) meramaikan kejuaraan Petanque tingkat nasional, guna menyambut Dies Natalis Unesa yang ke-58 ini, yakni Provinsi Jambi, Provinsi Jawa Barat, Provinsi Jawa-Tengah, Provinsi Jawa-Timur

Provinsi Aceh, Provinsi Nusa Tenggara Barat, Provinsi Banten, Provinsi Bali, dan juga dari dari Malaysia.

I Nyoman Yama DH I Putra, Wakil Ketua 1 PB FOPI sangat mengapresiasi kejuaraan Petanque skala nasional di Unesa ini. Yang diikuti hampir semua atlet – atlet PON di Indonesia. Bahkan ada atlet SEA Games juga ikut turun.

“Saya melihat kualitas kejuaraan (Petanque) Unesa ini sangat bagus sekali. Para Atletpun akan mendapat lawan -lawan yang sangat mumpuni, guna untuk mengasah dan meningkatkan kemampuannya,” sebut Nyoman Yama di Unesa, pada Jumat (15/7/2022).

Nyoman Yama turut merasa bangga, lantaran atlet-atlet Petanque makin terasah kemapuanua. Diharapkan, kejuaraan Petanque ini dengan peserta dari semua provinsi sering digelar. Karena akan dapat meningkatkan kualitas dan prestasi para atlet.

Para Atlet yang tampil di Unesa ini, kata Nyoman, sangat diharapkan kemampuannya terus terasah. Dan bisa menjadi Atlet andalan untuk setiap masing-masing provinsi dalam PON 2024 di Aceh dan Sumatera Utara (Sumut), yang rencananya menandingkan 13 nomor.

Setelah dua tahun tidak adanya event karena pandemi (Covid-19). Di Jakarta sempat ada tapi pesertanya cuma beberapa. Dan di Unesa ini, ada 10 daerah yang ikut dan jago – jagonya Petanque main di sini.

Nyoman Yama menilai, kejuaraan Petanque tingkat nasional di Unesa ini sebagai implementasi PON 2024 nanti.

Kemungkinan tambah rentang selama setahun kedepan nanti ada talenta-talenta baru yang bermunculan. Tapi setidaknya apabila PON dilaksanakan pada tahun ini, maka kejuaraan Unesa menjadi tolok ukur dan juaranya ada di sini, ucap Nyoman Yama.

Rektor Unesa sekaligus Ketua FOPI Jatim, Nur Hasan menuturkan, para atlet bisa mengukur dan mengasah kemampuannya di kejuaraan ini. Karena kejuaraan Petanque terus digeber kedepan, seperti di Provinsi Bali pada akhir 2022.

Untuk Provinsi Jawa-Timur, kata Nur Hasan, kejuaraan Petanque tingkat Nasional di Unesa ini sebagai ajang seleksi para atlet persiapan menuju Kejurnas di Propinsi Benten.

Mudah-mudahan Kejurnas sesuai dengan jadwal. Kami persiapan atlet potensial Jawa-Timur untuk prestasi Kejurnas di Provinsi Banten, terang Nur Hasan.

Nur Hasan menuturkan, Unesa akan menjadi tuan rumah kejuaraan Petanque dan cabang Olahraga lainnya ditingkat ASEAN pada 2024 yang akan datang.

Reporter : ahmad