Giat Istighosah Pondok Pesantren Darussalamah Bandar Agung

Listen to this article

LAMPUNGTENGAH lintasjatimnews – Umat muslim dianjurkan untuk meminta pertolongan dari Allah SWT, saat dalam keadaan sulit dan mendapat musibah salah satu cara dengan istighosah. Allah SWT berfirman dalam surat Al – Baqarah ayat 152 : ” Karena itu, ingatlah kamu kepada – Ku niscaya Aku ingat ( pula ) kepadamu, dan bersyukurlah kepada – Ku, dan janganlah kamu mengingkari ( nikmat ) – Ku.” ( QS. Al Baqarah : 152 ). Senin (4/7/2022 ).

Firman Allah lainnya juga termaktub dalam Qur’an surat Al – Anfal ayat 9 : ” ( ingatlah wahai Muhammad ), ketika kamu memohon pertolongan kepada Tuhanmu lalu Dia mengabulkan permohonanmu. ” ( QS. Al Anfal : 9 ). Pada intinya, istighosah adalah doa bersama yang bertujuan untuk meminta pertolongan dari Allah SWT ketika keadaan sukar dan sulit. Tujuan akhirnya, agar dihilangkan dan terlepas dari bala bencana.

Bertempat di pondok pesantren Darussalamah bandar agung, kecamatan terusan nunyai kabupaten Lampung Tengah. Kegiatan istighosah sedang berlangsung, hal ini rutin dilakukan sebulan sekali setiap Senin diawal bulan.

Pondok pesantren Darussalamah, yang berdiri sejak tahun 1988 terus berkembang dan berinovasi. Dan saat ini, pondok pesantren Darussalamah juga sedang merintis serta membuka pendidikan formal untuk SMP. Baru saja dibuka, dan berjalan 2 tahun ditahun 2021 lalu.

Istighosah ini, dipimpin langsung oleh KH. Nur Daim ( Rois Syuriah PCNU Lampung Tengah ). Dalam sambutannya, KH. Nur Daim mengatakan istighosah merupakan doa memohon pertolongan dari Allah SWT. Bahkan lebih dari sekedar doa memohon pertolongan, tetapi juga memohon kepada Allah SWT untuk terwujudnya sebuah keajaiban atas sesuatu yang dianggap sulit untuk diwujudkan. Jelasnya.

Tidak hanya itu, istighosah ini dilaksanakan untuk meminta kesehatan, keselamatan baik di dunia ataupun juga diakhirat kepada Allah SWT. Supaya, setiap langkah yang dilakukan mendapatkan keberkahan dari sang pencipta. Ungkapnya.

Hadir dalam istighosah ini, para santriwan dan santriwati, alumnus, serta pengurus pondok pesantren Darussalamah bandar agung. Warga dilingkup sekitar pondok pesantren Darussalamah, maupun juga jamaah atau umat muslim lainnya yang berniat untuk bermunajat kepada Allah SWT.

Dalam kesempatan ini, Gus Sayid Hasan selaku ketua yayasan pondok pesantren Darussalamah. Mengucapkan terimakasih, atas kehadiran para jamaah yang telah berkenan hadir. Serta turut berpartisipasi, dalam terselenggaranya istighosah kita saat ini. Dan sayapun juga berharap, agar hal baik dan positif yang saat ini kita lakukan. Dapat terus tertanam dalam hati, serta didasari niat yang tulus dan ikhlas dalam mengharap ridho Allah SWT. Jelasnya.

Dan pula kedepan, kita bersama – sama berdoa agar para santri pondok pesantren Darussalamah yang saat ini tengah mengenyam pendidikan. Dimudahkan dalam menyerap ilmu – ilmu keagamaan, yang mudah – mudahan nanti dapat diterapkan mereka ketika telah lulus atau selesai mengenyam pendidikannya di pondok pesantren Darussalamah. Tuturnya.

Saat ini juga, pondok pesantren Darussalamah sedang berupaya meningkatkan mutu dan kualitas. Baik pendidikan keagamaan, maupun juga pendidikan dibidang formal. Agar nantinya, lulusan pondok pesantren Darussalamah dapat pula bersaing dan mengembangkan diri serta mempunyai daya jual kemampuan atau potensi diri ditengah keberagaman saat ini. Paparnya.

Masih banyak hal, yang tentunya harus kami penuhi dan lakukan. Untuk kemajuan dan berkembangnya, pondok pesantren Darussalamah. Oleh karena itu, dukungan, suport, serta pula doa semoga selalu mengiringi langkah dan niat baik ini. Tutupnya.

Acara dilanjutkan dengan doa, dan makan bersama oleh para jamaah istighosah yang hadir.

( Tim/Redaksi )