Terobosan Kampanye Gaya Pilkades Paciran Lamongan

Listen to this article

LAMONGAN lintasjatimnews – Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Paciran, Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan akan dihelat Minggu (26/6/2022) bertempat di lapangan SD Negeri 1 Paciran. Ada tiga calon Kepala Desa Paciran yang akan berebut kursi untuk menjadi orang nomor satu di desa yang padat penduduk.

Desa Paciran teridiri dari tiga dusun, yaitu Dusun Paciran dengan jumlah pemilih tetap 8.442, Dusun Jetak dengan jumlah pemilih tetap 2.385 dan Dusun Penanjan dengan jumlah pemilih tetap 930, maka pemilih tetap Pilkades Paciran tahun 2022 berjumlah 11.757.

Hak suara yang tersebar di tiga dusun akan diperebutkan tiga calon Kepala Desa Paciran. Berdasarkan nomor urut undian dari Panitia Pilkades Paciran, (1) Wafiudin Zaki, S.Sos., jabatan sebelumnya sebagai sekretaris Desa Paciran, (2) Khusnul Khuluq, S.Pd., Kepala Desa Paciran periode 2016-2022, dan (3) Saifuddin, SE., tokoh muda yang aktif di bidang sosial dan kemasyarakatan.

H. Farihi, S.Pd. M.Pd., selaku Ketua Panitia Pilkades Paciran tahun 2022 mengatakan, “Tahapan Pilkades Paciran telah dilalui dengan baik sesuai dengan jadwal yang ditetapkan, selanjutnya masa kampanye terbuka selama tiga hari mulai hari Senin sampai hari Rabu (20-22/6/2022) dengan pembagian setiap hari tiga calon kades menyebar di tiga dusun sehingga tidak akan terjadi benturan dari masing-masing pendukung, “demikian kata pria Ketua GP Anshor Paciran.

Calon kepala desa Khusnul Khuluq, S.Pd. dan Saifuddin, SE. memilih terobosan dan model kampanye dengan menampilkan Drumband dan kesenian tradisional. Selama 2 hari berturut-turut masyarakat Desa Paciran dihibur tontonan gratis dengan tampilan enam Drumband dan dua kesenian Tongklek yang berjalan keliling desa sambil mengarak calon kepala dan istri. Jadi warga masyarakat cukup menunggu arak-arakan Drumband dan Tongklek di depan rumah.

Sementara itu, Kurniawan Willy Yanto selaku ketua Drumband Gema Nada Sukunan Paciran menuturkan, “Mewakili teman-teman, saya bersyukur dan senang karena dapat berpartisipasi untuk menghibur masyarakat Desa Paciran setelah Pandemi Covid-19, “demikian tutur ketua Remaja Masjid Sukunan.

Himatul Lailiyah salah satu penduduk RW 06 Desa Paciran yang menyaksikan acara kampanye mengatakan, “Saya merasa senang sebagai penduduk Desa Paciran karena kampanye Pilkades tahun ini dimeriahkan oleh Drumband yang disaksikan oleh semua lapisan masyarakat dan benar-benar telah menghibur, “demikian katanya.

Masyarakat Desa Paciran sangat berharap, semoga Pilkades berjalan dengan lancar dan demokratis, serta menghasilkan pemimpin yang bisa mengemban amanat rakyat dengan baik.

Reporter: Ali Efendi