Sosialisasi Pengembangan dan Pembinaan Pasar Rakyat oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sulawesi Tengah

Listen to this article

BANGGAI lintasjaitimnews – Pada hari selasa tgl 21 juni 2022 jam 8,56 di Aula Kantor Kecamatan Luwuk.Telah diadakan acara Sosialisasi Pengembangan dan Pembinaan SNI (Standar Nasional Indonesia) Pasar Rakyat.Acara ini di buka langsung oleh, Kadis Perdagangan Dalam dan Luar Negeri/ Promosi perdagangan Sulawesi Tengah Richard Arnaldo.SE,MSA. yang di Wakilkan oleh Kabid Perdagangan Dalam dan Luar Negeri Donny Iwan Setyawan S.T,MM.

Dalam sambutannya Mengatakan Program ini juga untuk meningkatkan pengelolaan Pasar yang bertaraf Nasional yang ada di sulawesi Tengah.

Progaram ini juga kata Donny akan di uji coba di pasar yang ada di kabupaten Banggai guna memberikan Contoh pasar yang Standar Nasional Indonesia ( SNI ). agar Pasar Rakyat tidak keliatan Khumuh seperti sekarang ini yang kita Jumpai di masing masing daerah yang ada di indonesia. kita Ambil Contoh Pasar di BSD ( Bumi Serpong Damai ) Itu sudah Di laksanakan Pasar yang bertaraf Nasional (SNI ).

Para pedagang nya  di data agar tidak terjadi penumpukan, para pedagang yang berjualan diluar dan tempatnya juga sudah di sediakan Oleh Pemda setempat.

Misalnya : Toilet, Musholah dan Pos keamanan. Serta petugas Kebersihan, Dan KUPT untuk menarik Retribusi Pasar dengan Transparan, Agar Uang Retribusi nya dapat digunakan Untuk membiayai Keperluan Kebersihan, Keamanan dll. dalam berjualan para Pedagang Tidak lagi Repot Membersihakan Lapak masing masing. Karna Semua Fasilitas sudah di sediakan.

Dalam acara pembukaan Sosialisasi ini Turut hadir, Staf Dari Provinsi Fadjriah, Kadis Perdagangan Dan Perindustrian Kabupaten Banggai Hasrin Karim,SH, Sri Dian Maaji,S.T, Kadis Kesehatan Dr I Wayan Suartika,SE, Camat Luwuk Irfan Milang,S.sos.

Dalam Acara Sosialisasi ini Pihak Perdangan dan Perindustrian Kabupaten Banggai mengundang pula Para KUPT (Kepala Unit Pelaksana Tekhnis), Agar para petugas KUPT Memahami tugas tugasnya di lapangan, serta para Perwakilan Pedagang Pasar Guna memberikan Sosialisasi untuk menuju Pasar Rakyat yang Moderen Standar ( SNI ). dari masing masing Pasar yang ada di Kabupaten Banggai dan Menurut Info yang didapat, Dari Donny Iwan Setyawan,S.T MM. mengatakan Jumlah Pasar di Sulawesi Tengah sekitar 453 Pasar Rakyat ini Belum DiKategorikan berlabel Pasar Rakyat (SNI) atau pasar Moderen.

Sedangakan di Kabupaten Banggai Jumlah pasar sekitar 28  Pasar Rakyat. Itupun Masih jauh di katakan Moderen masih Keliatan sembraut perlu Penanganan Ekstra Khusus.

Dalam memberikan pemahaman tentang Pasar Rakyat yang Moderen, Program ini juga Kata Kadis Perdagangan Dan perindustrian Hsrim Karim,SH.  Sekaligus Untuk mendukung Program Bupati Banggai dalam Mewujutkan Pasar Rakyat yang Bersih Dengan Tata Kelolah Pasar yang  sesuai Standart Nasional Indonesia ( SNI ) Agar Pedagang dapat Berjualan dengan Tempat yang Bersih. Disamping itu juga Para Pembeli merasa nyaman Datang ke Pasar tidak Lagi merasa khawatir untuk datang ke Pasar Rakyat.

Di Akhir Acara Sosialisasi ini Kata Donny Iwan Setyawan,ST,MM. Mengatakan untuk Menuju Pasar Rakyat yang Moderen Standar Nasional Indonesia ( SNI ) Harus Bekerja sama dengan Dinas Dinas terkait guna menuju Pasar Rakyat Yang Moderen.

Reporter : Amrillah Mokoagow/Dewi Qomarih